Prediksi Jumlah Orang yang Akan Mudik Lebaran dari Sumut pada Tahun 2024 Adalah 10,67 Juta Orang

by -62 Views

Sabtu, 6 April 2024 – 10:11 WIB

Sumatera Utara – Dalam rangka pergerakan pemudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara memperkirakan sebanyak 10,67 juta orang akan keluar dari Sumatera Utara menuju berbagai daerah di Indonesia, yang melambangkan sekitar 5,51 persen dari total pemudik.

“Sumatera Utara menjadi daerah asal perjalanan kelima terbesar, dengan jumlah sekitar 5,51 persen atau sebanyak 10,67 juta orang,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut, Agustinus, Sabtu 6 April 2024.

Sementara itu, pemudik dari berbagai daerah di Indonesia yang menuju ke Sumatera Utara diperkirakan sebanyak 5,81 juta orang.

“Sumut menjadi daerah tujuan perjalanan ketujuh terbesar di tingkat nasional, dengan jumlah sekitar 3 persen atau 5,81 juta orang,” tambah Agustinus.

Agustinus juga memperkirakan bahwa puncak arus mudik Lebaran 2024 akan terjadi pada tanggal 6 hingga 8 April 2024, sementara puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 14 Februari 2024.

Dalam hal persiapan sarana dan prasarana untuk mudik Lebaran di Sumatera Utara, Dishub Sumut telah menyiapkan berbagai fasilitas seperti jumlah bus AKAP, bus cara sewa, bus pemadu moda, bus AJAP, terminal Tipe A dan B, serta melakukan antisipasi dengan stakeholder terkait. Dishub Sumut juga memperkirakan peningkatan jumlah penumpang moda jalan, kereta api, laut, dan pesawat pada mudik Lebaran 2024.

Selain itu, Agustinus juga mengingatkan pentingnya antisipasi terhadap berbagai potensi gangguan transportasi dan kawasan rawan laka lantas, serta memastikan kesiapan kendaraan dan kesehatan pengemudi bagi mereka yang menggunakan angkutan pribadi. Agustinus juga mengimbau masyarakat untuk patuh terhadap aturan lalu lintas dan bersikap tertib di jalan.

Halaman Selanjutnya
Antisipasi juga dilakukan Dishub Sumut dengan berbagai stakeholder terkait, seperti memastikan kesehatan awak bus dan melakukan ramp check terhadap kenderaan atau bus yang digunakan, serta survei prasarana jalan yang akan dilalui oleh pemudik.