Pertemuan Hari Ini, Menteri Luar Negeri Negara-negara Arab dan AS Mengadakan Pembahasan mengenai Konflik di Gaza

by -101 Views

Sabtu, 4 November 2023 – 11:40 WIB

Yordania – Yordania, pada Jumat 3 November 2023, mengumumkan bahwa menteri luar negerinya dan pejabat luar negeri lainnya dari Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, Arab Saudi, dan Mesir akan mengadakan pertemuan bersama dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken di Amman pada Sabtu 4 November 2023, untuk membahas perkembangan terbaru di Gaza.

Dalam pernyataan tersebut, Juru Bicara Menteri Luar Negeri Yordania Sufyan Qudah mengatakan: “Wakil Perdana Menteri serta Menteri Luar Negeri dan Urusan Ekspatriat Ayman Al-Safadi, bersama dengan para menteri luar negeri dari UEA, Kerajaan Arab Saudi, Qatar, dan Republik Arab Mesir, serta Sekretaris Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina akan mengadakan pertemuan koordinasi besok, Sabtu.”

Qudah juga mengatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan bagian dari upaya mereka untuk menghentikan perang Israel di Gaza dan mengatasi bencana kemanusiaan yang terjadi.

Para menteri tersebut selanjutnya akan mengadakan pertemuan bersama Antony Blinken untuk menegaskan posisi Arab dan mendesak agar gencatan senjata segera dilakukan serta bantuan kemanusiaan segera dikirimkan ke Jalur Gaza, tambah juru bicara tersebut.

Ia menekankan bahwa para pejabat tersebut akan “mendiskusikan cara untuk mengakhiri situasi yang mengancam keamanan wilayah secara keseluruhan.”

Tentara Israel telah memperluas serangan udara dan darat di Jalur Gaza, yang telah menerima serangan udara terus menerus sejak Hamas melakukan serangan mendadak pada 7 Oktober. (Ant/Antara)