Prabowo Memperingati 103 Tahun Kelahiran Soeharto, PDIP: Tidak Ada Isu

by -99 Views

Minggu, 9 Juni 2024 – 07:21 WIB

Jakarta – Presiden RI terpilih tahun 2024, Prabowo Subianto mengenang hari lahir Presiden RI ke-2, Soeharto dalam unggahan akun Instagram pribadinya @prabowo. Prabowo membagikan foto momen dirinya bersama Soeharto.

“Bertepatan dengan 8 Juni 1921. Mengenang 103 tahun kelahiran Presiden RI kedua, Jenderal Besar TNI H.M Soeharto,” tulis keterangan Prabowo dalam unggahan yang mengenang 103 tahun Soeharto melalui akun Instagramnya, Sabtu, 8 Juni 2024.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, menanggapi hal tersebut dengan mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki masalah dengan postingan tersebut. Ia mengaku tidak mempersoalkan meskipun tidak ada unggahan Prabowo mengenang kelahiran Presiden RI pertama, Soekarno alias Bung Karno pada tanggal 6 Juni yang lalu.

“Tidak ada masalah,” kata Hasto Kristiyanto di Masjid At Taufiq Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Hasto menegaskan bahwa perjuangan Bung Karno tidak bisa dihilangkan oleh siapapun. Bung Karno merupakan pendiri partai politik untuk kemerdekaan hingga Indonesia diakui di mata dunia.

“Setiap anak bangsa mengakui bahwa Bung Karno sejak usia 16 tahun sudah berjuang. Beliau mendirikan partai politik demi kemerdekaan,” ujar Hasto.

Menurut Hasto, perjuangan Bung Karno juga melibatkan proses dipenjara hingga diasingkan.

“Beliau menghadapi penjara, hukum kolonial, dibuang. Dan akhirnya, Indonesia merdeka dan menjadi pemimpin di antara bangsa-bangsa di dunia melalui konferensi Asia-Afrika,” ujar dia.

Bagi Hasto, rekam jejak Bung Karno merupakan benang merah sejarah yang tidak bisa dihilangkan oleh siapapun.

“Indonesia dari Sabang sampai Merauke, disatukan oleh Pancasila yang digali oleh Bung Karno dari buminya Indonesia,” tutur Hasto.