Kericuhan Terjadi saat Arak-arakan Jenazah Lukas Enembe, Massa Membakar Fasilitas Umum

by -91 Views

Kamis, 28 Desember 2023 – 13:06 WIB

Papua – Sejumlah sepeda motor, toko, dan fasilitas umum dirusak oleh massa yang mengiringi jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Kamis (28/12/2023).

Selain itu, massa juga membakar mobil yang sedang terparkir di pinggir jalan serta melempari anggota yang melakukan pengamanan. Bahkan, penjabat Gubernur Papua, Ridwan Rumahsukun juga mengalami luka terlempar batu.

Aparat keamanan tidak mampu membendung ribuan massa yang melakukan prosesi pengantaran jenazah ke lapangan Stakin Sentani untuk melaksanakan prosesi ibadah dan acara adat.

Dari pantauan di lapangan, Pj Gubenur Papua terpaksa dilarikan ke Rumkit Batalyon 751/Rider untuk mendapat perawatan medis.

Dalam prosesi pengantaran jenazah itu juga dihadiri oleh sejumlah Muspida Provinsi Papua, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, tokoh agama, tokoh adat, sejumlah masyarakat, dan mahasiswa yang menghadiri pengantaran jenazah di VIP Room Bandara Sentani.

Selain itu, ratusan massa yang berada di luar area VIP Room juga mulai memadati area Bandara Sentani untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Lukas Enembe. Jenazah diterbangkan dari Jakarta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan tiba di bandara pada pukul 09.15 WIT.

Setibanya di bandara, jenazah langsung dibawa ke Vip Room Bandara untuk dilakukan prosesi acara penghormatan terakhir. Selanjutnya, jenazah langsung di bawa ke lapangan Stakin Sentani untuk disemayamkan di Stakin kurang lebih selama 3 jam.