Kendaraan Puluhan Ribu Masuk Puncak Bogor, Polisi Terapkan Sistem One Way dan Ganjil Genap

by -106 Views

Minggu, 24 Desember 2023 – 16:57 WIB

Bogor – Arus lalu lintas di kawasan Puncak Bogor saat libur Natal dan tahun baru, Minggu, 24 Desember 2023 mengalami kepadatan. Sebanyak 38 ribu kendaraan masuk melalui exit tol Ciawi.

Sejak pukul 06.00 WIB dari arah Jakarta menuju Puncak, polisi menerapkan sistem satu arah atau one way secara bergantian dan ganjil genap untuk mengurangi kepadatan. “Arus lalu lintas terlihat lebih ramai pada hari Minggu, 24 Desember 2023, jika kemarin Sabtu terdapat 38 ribu unit kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak, maka hari ini terlihat sama ramainya,” kata KBO Lalu Lintas Polres Bogor Iptu Ardian Nivianto kepada wartawan, di pertigaan Gadog.

Kepolisian juga menerapkan rekayasa ganjil genap sejak pukul 06.30 WIB, di mana pada tanggal genap kendaraan berpelat nomor ganjil akan diputar balik ke arah Jakarta. Pada pukul 09.00 WIB diberlakukan sistem satu arah dari arah Jakarta menuju Puncak untuk memperlancar arus lalu lintas.

“Kemungkinan sampai jam 12.30 WIB dan selanjutnya akan diberlakukan satu arah dari arah Puncak ke Jakarta untuk memprioritaskan kendaraan arus balik wisata,” ujarnya.

Menghadapi malam pergantian tahun pada 31 Desember 2023 mendatang, Satlantas Polres Bogor akan menutup jalur lalu lintas dari arah Jakarta ke arah Puncak mulai pukul 18.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB pagi 1 Januari 2024 mendatang. Sedangkan pada pukul 21.00 WIB kawasan puncak akan diberlakukan car free night atau kawasan tanpa kendaraan pada malam pergantian tahun.

“Untuk itu Satlantas Polres Bogor menghimbau kepada warga yang akan menghabiskan malam pergantian tahun barunya di kawasan Puncak untuk datang lebih awal sebelum polisi menutup jalur lalu lintas ke lokasi tersebut,” ujar Ardian.