Makna Logo Semangka di Profil Instagram Prabowo yang Dimanfaatkan

by -96 Views

Senin, 6 November 2023 – 04:03 WIB

Jakarta – Ada yang menarik dari akun Instagram atau IG pribadi milik calon presiden Prabowo Subianto. Figur Menteri Pertahanan tersebut mengganti foto profil IG dengan gambar buah semangka.

Cara Ketua Umum Partai Gerindra mengganti foto IG itu diduga sebagai bentuk dukungan terhadap kemerdekaan Palestina. Sebelumnya, mantan Danjen Kopassus tersebut menggunakan foto profil IG dengan gambar dirinya.

Palestina saat ini tengah menjadi sorotan dunia internasional karena aksi militer dari Israel. Lebih dari 8 ribu warga Palestina menjadi korban jiwa akibat tindakan Israel.

Simbol buah semangka dinilai sebagai representasi protes terhadap agresi militer Israel. Warna semangka juga dinilai melambangkan warna bendera Palestina. Unsur tersebut terlihat dari daging, biji, dan kulit semangka yang mewakili warna merah, hitam, dan hijau bendera Palestina.

Penggunaan semangka sebagai simbol protes warga Palestina sudah dimulai sejak tahun 1960-an. Penggunaan semangka diduga pertama kali muncul setelah perang enam hari pada tahun 1967, ketika Israel menguasai Tepi Barat, Jalur Gaza, dan merebut Yerusalem Timur.

Pemerintah Israel juga membuat kebijakan versi mereka sendiri. Mereka menerapkan bahwa pengibaran bendera Palestina sebagai perlawanan dianggap sebagai tindakan kriminal. Israel juga melarang penggunaan bendera Palestina di wilayah pendudukan mereka.

Dengan kebijakan ala Israel tersebut, rakyat Palestina mulai menggunakan buah semangka. Sejak saat itu, simbol semangka direpresentasikan sebagai simbol perlawanan.

Terkait Palestina, Prabowo juga menyampaikan keheranannya terhadap negara-negara Barat yang hanya diam seribu bahasa melihat kekejaman Israel terhadap rakyat Palestina. Bagi Prabowo, negara-negara Barat hanya diam saat warga Palestina, termasuk anak-anak yang tidak bersalah, menjadi korban perang.

Padahal, menurutnya, negara-negara Barat mengajarkan demokrasi dan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

” Sangat disayangkan. Mereka banyak mengajarkan demokrasi. Mereka ajarkan hak asasi manusia. Tapi, begitu ada sebuah negara yang membom rumah sakit dan membunuh anak-anak kecil, mereka diam seribu bahasa,” kata Prabowo di Makassar, Sabtu, 4 November 2023.

Prabowo juga telah menemani Presiden Jokowi dalam mengantar pengiriman bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia ke Palestina. Bantuan tahap pertama tersebut berupa makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-logistik lainnya dengan total berat sebesar 51,5 ton.

Selain itu, Prabowo juga mengaku telah berkoordinasi dengan Duta Besar Palestina terkait kesiapan rumah sakit TNI untuk menerima pasien dari Gaza. Kondisi layanan medis di Gaza saat ini sedang mengalami krisis.

“Saya sudah sampaikan ke Duta Besar Palestina, kita membuka semua rumah sakit TNI untuk siap menerima pasien-pasien dari Palestina. Karena itu, kita akan berkoordinasi dengan pihak yang berkuasa di sana, terutama Mesir dan negara-negara lain,” ujar Prabowo.

Lebih lanjut, Prabowo siap untuk mengirim kapal Rumah Sakit TNI jika pemerintah Indonesia mendapatkan izin dari Mesir.

“Kemudian juga kita akan koordinasi dengan pihak Mesir, TNI juga siap mengirim kapal rumah sakit,” tutur Prabowo.