Alasan Megawati Absen pada Pelantikan Prabowo karena Diwakili oleh Puan karena Terkena Flu

by -5 Views

Minggu, 20 Oktober 2024 – 04:25 WIB

Gianyar, VIVA – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengonfirmasi adanya instruksi langsung dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri kepada kader-kadernya yang duduk di lembaga legislatif untuk hadir dalam pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto, pada hari Minggu, 20 Oktober 2024.

Hasto mengatakan bahwa instruksi tersebut membuat anggota legislatif PDIP dilarang meninggalkan kota dan wajib hadir dalam acara pelantikan Prabowo.

“Iya, memang kami, Ibu Mega telah memberikan instruksi secara langsung bahwa semua anggota legislatif dari PDI Perjuangan dilarang meninggalkan kota dan semua harus hadir dalam proses konstitusional terkait dengan pelantikan Bapak Prabowo sebagai Presiden,” ujar Hasto di Gianyar, Bali, dikutip pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Hasto menegaskan bahwa PDIP menghormati pelantikan Presiden Prabowo, meskipun Megawati tidak dapat hadir. Dia juga menjelaskan bahwa Megawati sedang mengalami flu setelah melakukan kunjungan kerja ke luar negeri, Rusia dan Uzbekistan.

“Ini adalah momentum kenegaraan yang juga dihormati oleh PDI Perjuangan. Seperti yang kita lihat kemarin saat Ibu Mega hadir dalam promosi doktor saya. Beliau juga menggunakan masker karena setelah pulang dari Rusia dan Uzbekistan, ia mengalami alergi debu akibat polusi yang tinggi. Itu sebabnya dia mengalami flu,” jelasnya.

Meskipun tidak dapat hadir dalam pelantikan Prabowo, Megawati masih menerima tamu dari negara lain yang ingin bertemu dengannya pada hari itu. Sebagian tamu tersebut datang ke Indonesia untuk menghadiri pelantikan Prabowo dan beberapa di antaranya ingin menemui Megawati terlebih dahulu.

“Kemudian Ibu Mega juga menerima banyak tamu-tamu negara yang ikut menghadiri acara pelantikan Pak Prabowo,” tambah Hasto.

Hasto menyatakan bahwa kehadiran Megawati akan diwakili oleh Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI. Bagi PDIP, ini merupakan bentuk penghormatan karena Puan adalah Ketua DPR dan merupakan representasi dari PDIP.

“Oleh karena itu, kehadiran Ibu Mega akan diwakili oleh Mbak Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI dan juga sebagai representasi dari seluruh anggota legislatif dari PDI Perjuangan,” ujarnya.

Hasto juga menyebutkan bahwa Megawati sebenarnya berencana hadir di pameran tunggal Butet Kartaredjasa, namun karena banyak tamu yang harus diterima, ia tidak bisa hadir.

“Tamu-tamu negara yang akan hadir dalam pelantikan Pak Prabowo juga khususnya mengadakan courtesy call dengan Megawati Soekarnoputri, sehingga hari ini beliau menerima banyak tamu dari negara lain,” katanya.