Pemprov Kalteng Mengirimkan Ratusan Pemudik secara Gratis melalui Kolaborasi

by -57 Views

Selasa, 9 April 2024 – 01:21 WIB

Palangkaraya – Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memfasilitasi program mudik gratis bagi masyarakat.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II A Kalteng, M. Andi Rachmatullah, mengatakan bahwa program mudik gratis dari Direktorat Jenderal Hubungan Darat Kalteng menyediakan kuota untuk 2 tujuan, yaitu rute Palangka Raya – Pangkalanbun dan Palangka Raya – Banjarmasin.

“Mereka juga didukung oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang menyediakan kuota untuk tujuan Palangkaraya-Sampit dan Palangkaraya-Bahaur,” kata Andi saat melepas rombongan mudik gratis di Terminal W.A Gara, Palangka Raya, pada hari Minggu (7/4/2024).

“Harapannya, dengan adanya program mudik gratis ini, dapat meringankan beban para pemudik. Dengan program yang terkoordinir ini, juga tercipta rasa aman selama perjalanan, sehingga para pemudik dapat sampai ke tujuan dan berkumpul dengan keluarga untuk merayakan Idul Fitri,” ujar Andi.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, dan Sekretaris Daerah turut serta memimpin keberangkatan peserta mudik gratis. Selain itu, peserta mudik juga diberikan kupon tebus murah sembako oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Peserta mudik dapat membeli sembako seharga Rp 150.000 hanya dengan membayar Rp 20.000.

Program kolaborasi ini disambut baik oleh para peserta mudik gratis, termasuk Nova, yang mengatakan bahwa program ini sangat membantu dirinya dalam menghemat biaya mudik lebaran.

“Alhamdulillah, kami merasa sangat terbantu dengan adanya program mudik gratis ini. Terima kasih banyak kepada Direktorat Jenderal Hubungan Darat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Semoga program ini terus berjalan dan kuotanya semakin diperbanyak tahun depan,” ujar Nova.