Mundurnya Airlangga sebagai Ketum Golkar, Sekjen PDIP Bahas “Kedaulatan Partai”

by -35 Views

Minggu, 11 Agustus 2024 – 16:54 WIB

Jakarta, VIVA – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, angkat bicara mengenai pengunduran diri Airlangga Hartarto dari jabatannya sebagai ketua umum Partai Golkar. Hasto menyebut, kabar tersebut sangat mengejutkan bagi dinamika politik nasional.

“Mundurnya Ketua Umum Partai Golkar, Bapak Airlangga Hartarto, sangat mengejutkan. Karena ini dalam rangka Pilkada serentak dan muncul kejadian politik, dari kami suatu hal yang luar biasa, yang menyentuh aspek kedaulatan partai, karena itulah kami ikut prihatin,” kata Hasto kepada wartawan di kawasan Jakarta, Minggu, 11 Agustus 2024.

Hasto menyatakan keprihatinannya atas mundurnya Airlangga sebagai ketua umum Golkar. Menurutnya, Airlangga merupakan sosok komunikator yang baik dalam menjalin kerja sama politik. “Beliau sosok komunikator yang baik dan membangun kerja sama politik yang baik,” katanya.

“Di dalam Pilkada, kami banyak bekerja sama dengan Partai Golkar, selain dengan partai yang lain seperti Gerindra, PKB, PPP, Perindo Hanura, dan juga Partai Amanat Nasional,” ujar Hasto.

Airlangga Hartarto menyatakan mundur dari posisinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Meskipun pada Pemilu 2024 ini, suara Golkar naik signifikan. Dalam video yang diterima, Airlangga menjelaskan bahwa dirinya mengundurkan diri untuk menjaga keutuhan Partai Golkar.

Dia menjelaskan, untuk menjaga transisi pemerintahan yang tidak lama lagi akan terjadi, maka dia memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai ketua umum. Secara resmi, Airlangga mundur pada Sabtu malam, 10 Agustus 2024.