Prabowo Menerima Kunjungan Dubes Denmark, Bahas Kerja Sama Pertahanan yang Ditingkatkan

by -53 Views

Pada hari Rabu, 5 Juni 2024 – 21:40 WIB, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Duta Besar Denmark untuk Indonesia H.E. Mr. Sten Frimodt Nielsen, di ruang kerja Menhan RI, Kemhan, Jakarta pada hari Selasa, 4 Juni 2024.

Kunjungan Dubes Denmark ke Prabowo menjadi kesempatan yang baik bagi kedua negara untuk membicarakan peningkatan kerja sama khususnya di bidang pertahanan.

Pada kesempatan tersebut, Prabowo menyampaikan harapannya terkait hubungan bilateral khususnya di bidang pertahanan antara Indonesia dan Denmark. Prabowo mengatakan, “Saya berharap hubungan antara Indonesia dan Denmark terkait pertahanan semakin diperkuat di masa depan.”

Kerja sama pertahanan antara RI dan Denmark telah diwadahi oleh Kementerian Luar Negeri kedua negara melalui Plan of Action (POA) 2017 – 2020. Forum Kerja sama Bilateral (FKB) RI-Denmark ke-3 pada Oktober 2020 telah dilakukan untuk penyusunan POA 2021 – 2024.

Salah satu contoh kerja sama industri pertahanan antara Indonesia dan Denmark adalah kerja sama antara PT PAL dan Terma A/S Denmark dalam penyediaan combat system kapal cepat rudal (KCR) 60 M dan Kapal Bantu Rumah Sakit pada tahun 2018.

Turut hadir mendampingi Menhan Prabowo pada pertemuan dengan Dubes Denmark adalah Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin.