Mengapa Pasukan TNI Kopassus Dianggap Menakutkan oleh Tentara Asing? Ini Penjelasannya

by -88 Views

Jumat, 15 Maret 2024 – 04:33 WIB

Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki banyak unit elit, salah satunya adalah Kopassus. Pasukan ini sangat dihormati oleh tentara asing.

Pasukan Kopassus yang dikenal dengan Baret Merah adalah salah satu unit elit TNI yang dimiliki oleh Indonesia. Masuk ke unit tersebut bukanlah hal yang mudah.

Calon anggota TNI harus memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk bergabung dengan unit Kopassus. Mereka akan dilatih dengan keras, baik dari segi fisik maupun mental.

Dilaporkan dalam berita Viva, Selasa 9 Januari 2024. Bahkan militer Amerika Serikat sangat takut dengan Kopassus yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dibandingkan prajurit TNI lainnya.

Tentara Amerika Serikat pernah berlatih bersama anggota Kopassus. Mereka terkesan dengan kemampuan Kopassus yang mampu menghancurkan batu atau besi dengan tangan kosong.

Menurut Komandan Jenderal Kopassus, Mayjen TNI Mohammad Hasan, alasan Kopassus sangat dihormati oleh tentara lain adalah karena mereka harus memiliki kemampuan bela diri seperti pencak silat Merpati Putih.

Pentingnya bela diri pencak silat Merpati Putih bagi anggota TNI, khususnya di Kopassus, adalah untuk melatih gerakan cepat dalam melindungi prajurit saat menjalankan tugas.

“Manfaat bela diri ini sudah banyak dirasakan oleh Satuan Kopassus, selain untuk kesehatan dan kebugaran bagi prajurit, Merpati Putih ini juga dapat digunakan dalam pelaksanaan tugas, salah satunya teknik getaran Merpati Putih telah digunakan untuk membantu pencarian korban tanah longsor di beberapa daerah bencana,” kata Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohammad Hasan.

Pada peringatan Hari Ulang Tahun Kopassus, pasukan Baret Merah berhasil memecahkan rekor Muri dengan mematahkan benda keras seperti besi dengan tangan kosong sebanyak 69 kali.

Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohammad Hasan menegaskan bahwa Kopassus akan terus mengembangkan pencak silat Merpati Putih untuk menjaga reputasi sebagai pasukan elit yang disegani di kancah internasional.

“Saya Mayor Jenderal TNI Mohammad Hasan akan terus melestarikan dan mengembangkan kemampuan bela diri Merpati Putih di lingkungan Kopassus, sebagai upaya untuk terus menjaga beladiri pencak silat yang merupakan beladiri kebanggaan bangsa ini. Maju terus Merpati Putih, maju terus pencak silat Indonesia. Kopassus untuk Indonesia Maju, Komando.