Anies Klaim Kemenhan Bujet Sebesar Rp700 Triliun, Namun Justru Membeli Alutsista Bekas

by -161 Views

Debat ketiga berlangsung di Istora Senayan GBK, Jakarta pada Minggu, 7 Januari 2024. Debat ini berlangsung selama sekitar tiga jam, di mana para calon presiden (capres) menyampaikan visi misi dan saling bertanya satu sama lain.

Salah satu tema debat yang dibahas adalah mengenai pertahanan. Capres nomor 01, Anies Baswedan menyatakan bahwa dana Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tidak dimanfaatkan secara optimal. Anies mengatakan bahwa banyak sistem pertahanan Tanah Air yang terbuka, padahal anggaran yang diperuntukkan besar.

Anies juga menyinggung sekitar anggaran Rp700 triliun yang digunakan para prajurit untuk membeli alutsista bekas, sementara mereka tidak memiliki rumah dinas.

Merujuk pada data Kementerian Keuangan, anggaran Kemhan dalam periode 2020-2024 dapat mencapai Rp 692,92 triliun atau hampir Rp 700 triliun. Sementara itu, data dari laman DPR menunjukkan anggaran Kementerian Pertahanan dan TNI untuk tahun 2023 sebesar Rp2,4 triliun.

Menhan dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendapat pagu anggaran tahun 2023 sebesar Rp131,92 triliun. Alokasi anggaran tersebut direncanakan untuk beberapa pos Kemenhan dan TNI. Antara lain, pagu Kemenhan sebesar Rp22,43 triliun. Alokasi anggaran disusun untuk sejumlah pos di Kemenhan dan TNI, mencakup belanja pegawai, belanja barang, dan belanja modal.

Halaman Selanjutnya…