Tantangan Besar di Masa Depan: Peluang Terbuka untuk Generasi Muda

by -108 Views

Senin, 11 Desember 2023 – 09:26 WIB

Sentul – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan bahwa sekalipun tantangan yang akan dihadapi Indonesia di masa depan dianggap berat, ia yakin bahwa anak muda memiliki kesempatan untuk menghadapi situasi tersebut.

“Ke depan memang tantangannya tidak mudah, tapi kesempatannya makin terbuka, terutama untuk anak muda,” ujar Gibran di SICC, Sentul, Jawa Barat, Minggu, 10 Desember 2023.

Dengan alasan tersebut, Gibran Rakabuming Raka berencana fokus pada hilirisasi digital untuk mengatasi tantangan dari era revolusi industri 5.0 yang akan dihadapi oleh generasi muda. Salah satu upayanya adalah mempersiapkan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) agar memiliki keahlian dalam bidang Artificial Intelligence (AI).

“Kita siapkan anak-anak yang jago big data analytic, yang ahli cyber security, kita siapkan anak-anak ahli crypto, kita siapkan juga ahli-ahli di bidang bioteknologi dan sebagainya,” ujar Gibran.

Selain itu, ia juga tidak melupakan para santri yang menempuh pendidikan di pesantren. Gibran mengatakan, nantinya juga akan mempersiapkan para santri yang ahli di bidang perbankan syariah hingga digital marketing.

“Kita juga pingin santri-santri yang pintar perbankan syariah, santri-santri yang pintar digital marketing, kita siapkan future talents dengan future skills. Kita siapkan semua itu,” kata Gibran.

Eks Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil, yang saat ini menyatakan sikap politiknya yang netral dalam kontestasi Pilpres 2024, juga bertemu dengan Gibran pada Minggu malam, 10 Desember 2023. Said Aqil mengatakan bahwa ia tidak hanya mendoakan pasangan Prabowo-Gibran saja, tetapi juga mendoakan pasangan lain yang menyambanginya, seperti Anies Baswedan.

“Sama saja. Waktu pak Anies ke sini juga saya doakan,” ujarnya.