Serangan Oknum Brimob pada Markas Polres Tual Maluku Berlangsung Mencekam Saat Razia Motor

by -75 Views

Senin, 29 Juli 2024 – 06:46 WIB

Jakarta – Kejadian menegangkan terjadi saat terjadi bentrokan aparat Polri di Tual, Maluku, pada Minggu, 28 Juli 2024. Aksi sejumlah oknum Brimob menyerang markas Polres Tual menjadi viral di media sosial.

Dari rekaman video yang viral, bentrokan antara aparat Polri juga terdapat tembakan senjata api. “Tembak, lagi tembak,” teriak oknum aparat dalam video yang dikutip dari tvOne news, pada Senin, 29 Juli 2024.

Imbas dari bentrokan tersebut, warga setempat merasa ketakutan. Suasana mencekam terasa ketika sebagian jemaat Gereja Maranatha baru selesai menjalankan ibadah malam. Lokasi bentrokan juga berdekatan dengan Gereja Maranatha.

Suasana mencekam terjadi akibat terdengarnya letusan senjata api dan teriakan aparat yang berlari membuat jemaat panik karena tidak bisa keluar dari gereja. “Izin melaporkan kepada Pj Walikota dan Pak Sekda, saat ini terjadi bentrokan antara Brimob vs anggota Polres di lokasi depan Gereja Maranatha. Sebagian jemaat yang sedang beribadah terjebak dan tidak bisa keluar dari gereja karena keadaan mencekam,” demikian keterangan dalam video yang viral.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Aries Aminnullah, membenarkan insiden bentrokan menegangkan tersebut. Dia menjelaskan aksi bentrokan diduga dipicu oleh kegiatan patroli dan razia yang dilakukan anggota Polres Tual. Ada juga razia knalpot motor racing. Akibat insiden tersebut, ada oknum Brimob yang tidak menerima kemudian mengadu ke rekan-rekannya sehingga terjadi bentrokan.

“Kemudian ada yang diamankan. Namun, ada yang melarikan diri dan melaporkan kepada teman-temannya bahwa tiga puluh orang menyerang polisi. Indikasinya ada anggota Brimob. Kemudian terjadi penyerangan,” kata Aries saat dikonfirmasi oleh awak media pada Minggu, 28 Juli 2024.