Penjajahan militer TNI-Polri terhadap Markas KKB di Bibida Papua.

by -261 Views

Senin, 17 Juni 2024 – 08:32 WIB

Jayapura – Markas kelompok sipil bersenjata yang dipimpin oleh Undius Kogoya di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, berhasil digerebek oleh TNI-Polri. Sejumlah barang bukti juga disita dalam penggerebekan.

“Begitu, kami telah melakukan penegakan hukum yang tegas dan terukur terhadap kelompok KKB yang dipimpin oleh Undius Kogoya di Distrik Bibida, Kampung Bibida, Kabupaten Paniai, yang selama ini aktif melakukan aksi-aksi kriminal yang menyebabkan masyarakat sipil menjadi korban,” kata Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Komisaris Besar Polisi Faizal Ramadhani pada Senin, 17 Juni 2024.

Sejumlah barang bukti yang disita meliputi senapan angin sebanyak tiga pucuk, dua butir amunisi kaliber 5,66 mm, dua amunisi kaliber 7,62 mm, drone dan remote 1 unit, dua parang, enam tombak. Selain itu, ada juga empat sangkur, tujuh ponsel, satu HT, delapan atribut kelompok sipil bersenjata, beberapa dokumen, dan peralatan tempur lainnya.

Sementara itu, anggota Undius Kogoya melarikan diri ke hutan wilayah Kabupaten Intan Jaya saat penggerebekan dilakukan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Ops Damai Cartenz-2024, Ajun Komisaris Besar Polisi Bayu Suseno.

“Meskipun mereka telah melarikan diri, kami berhasil menduduki markas mereka dan menyita sejumlah barang bukti,” kata Bayu.

Dia menambahkan bahwa penegakan hukum dilakukan selama tiga hari berturut-turut mulai tanggal 14 hingga 17 Juni 2024. Pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap kelompok sipil bersenjata yang dipimpin oleh Undius Kogoya yang kabur.

Bayu juga menyatakan bahwa pihaknya sedang melakukan penyidikan terhadap kelompok sipil bersenjata lain di sembilan wilayah. Pasalnya, kelompok tersebut telah melakukan sejumlah aksi kriminal di Papua.

“Kami ingin memastikan bahwa Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berkomitmen untuk terus melakukan penegakan hukum yang tegas dan terukur terhadap KKB di Papua,” katanya.