Bappebti Berantas Praktik Ilegal: Pemblokiran Situs Web Perdagangan Berjangka Komoditi sebagai Aksi Tindak Lanjut

by -69 Views

Bappebti blokir perdagangan berjangka ilegal

INFO NASIONAL – Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah memblokir sebanyak 1.855 situs web yang terlibat dalam perdagangan berjangka komoditi ilegal. Tindakan ini dilakukan untuk melindungi masyarakat dari kemungkinan kerugian dan untuk memberikan kepastian hukum kepada pelaku usaha dalam bidang perdagangan berjangka komoditi.

Menurut Plt. Kepala Bappebti Kasan, masih banyak penawaran perdagangan berjangka komoditi ilegal yang marak terjadi di Indonesia melalui media sosial, situs web, dan aplikasi ponsel pintar. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk selalu waspada terhadap penawaran yang tidak bertanggung jawab.

Bappebti terus melakukan upaya preventif dan represif untuk menjaga keamanan masyarakat dari potensi penipuan dan kerugian dalam perdagangan berjangka komoditi ilegal. Masyarakat diharapkan juga turut serta dalam melaporkan kegiatan ilegal di bidang perdagangan berjangka komoditi kepada Bappebti.

Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan, Aldison, menegaskan bahwa setiap entitas yang ingin melakukan perdagangan berjangka komoditi di Indonesia harus memiliki izin dari Bappebti dan mematuhi ketentuan yang berlaku. Entitas ilegal yang tidak memiliki izin akan dikenakan langkah hukum sesuai regulasi yang berlaku.

Situs web perdagangan berjangka komoditi ilegal yang diblokir oleh Bappebti dapat dinormalkan jika entitas pemilik situs web tersebut bersedia untuk mengurus izinnya. Hal ini dilakukan untuk memberikan pembinaan agar entitas ilegal patuh pada aturan dan untuk menciptakan kondisi persaingan usaha yang sehat dalam bidang perdagangan berjangka komoditi.

Masyarakat dihimbau untuk selalu memastikan legalitas perusahaan sebelum melakukan transaksi dan tidak terjebak dalam iming-iming keuntungan besar dalam waktu singkat. Lebih lanjut, sebelum melakukan transaksi, pastikan terlebih dahulu profil dan legalitas pelaku usaha di bidang perdagangan berjangka komoditi dengan mengakses situs web resmi Bappebti.

Sumber: Bappebti Blokir 1.855 Situs Internet Entitas Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal
Sumber: Bappebti blokir perdagangan berjangka ilegal