Raniah Terpaksa Melahirkan di Pinggir Jalan Akibat Kerusakan Infrastruktur di Ketapang

by -56 Views

Ketapang – Kondisi infrastruktur yang masih buruk di beberapa daerah di Kalimantan Barat membuat seorang wanita terpaksa melahirkan di dalam mobil ambulans saat menuju rumah sakit.

Wanita bernama Raniah adalah warga Desa Sungai Tengar, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang. Raniah terpaksa melahirkan di tepi jalan, Desa Sungai Nanjung, Kecamatan Matan Hilir Selatan, pada Jumat, 10 Mei 2024 pukul 13.30 WIB.

Proses kelahiran darurat tersebut berjalan lancar dengan bantuan bidan. Setelah melahirkan, kondisi ibu dan bayi perempuannya dinyatakan sehat, dan langsung dibawa ke rumah warga sekitar.

Nova, salah satu kerabat Raniah, menceritakan bahwa mereka berangkat dari Puskesmas Kendawangan pukul 12.10 WIB karena Raniah sudah mau melahirkan, sehingga harus berhenti saat melewati jalan di Sungai Nanjung.

“Melahirkan kurang lebih pukul setengah dua, kami bersyukur ibu dan anak yang dilahirkan dalam kondisi sehat,” ujar Nova. Nova berharap kepada pemerintah untuk serius dalam menangani kerusakan jalan di jalur tersebut.

“Jalan hancur, sampai ibu hamil terpaksa harus melahirkan di tengah perjalanan. Kita sebagai masyarakat meminta kepada pemerintah untuk membuka mata, melihat kondisi akses darat di sini, segera benahi, jangan biarkan berlarut-larut seperti ini,” pungkasnya.