Tol Bocimi Dibuka Fungsional Sebagai One Way untuk Arus Balik Lebaran, Cek Jadwalnya di Sini

by -189 Views

Sabtu, 13 April 2024 – 17:58 WIB

Sukabumi – Ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) mulai difungsikan secara fungsional untuk arus balik lebaran dari arah Jakarta pada Sabtu sore, 13 April 2024, atau H+3 Lebaran 2024. Sebelumnya, jalan tol tersebut digunakan dari Jakarta ke arah Sukabumi pada pagi hingga sore.

Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Fiekri Adi Perdana menyatakan bahwa Jalan Tol Bocimi akan dioperasikan satu arah atau one way dari KM 60 hingga KM 72 selama libur Lebaran 2024. Sebelumnya, sebagian jalan di Tol Bocimi, tepatnya di KM 64 mengalami longsor di jalur A.

“Kami akan melakukan jalur one way kembali dari arah Parungkuda menuju Jakarta,” ujar Fiekri saat dijumpai di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu, 13 April 2024.

Pemberlakuan arus satu arah di Tol Bocimi dari Jakarta ke Sukabumi pada Sabtu ini berlaku dari pukul 07.00 WIB hingga sekitar pukul 14.30 WIB. Sedangkan arus satu arah sebaliknya ke arah Jakarta akan berlaku mulai pukul 15.00 WIB.

Selain itu, Tol Bocimi berpotensi akan ditutup sementara jika hujan turun untuk menghindari risiko kecelakaan. Hujan di area Tol Bocimi biasanya menyebabkan kabut yang mengganggu visibilitas pengemudi.

Menurutnya, arus kendaraan menuju Pantai Pelabuhan Ratu mulai mengalami kepadatan pada Sabtu ini. Kepadatan arus tersebut terjadi sejak sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, mulai dari Gerbang Tol Parungkuda hingga jalur arteri di kawasan Cibadak yang menuju Pelabuhan Ratu.

Fiekri memprediksi puncak arus balik dari arah Sukabumi akan terjadi pada Minggu (14/4). Banyak masyarakat memilih menginap di Pelabuhan Ratu pada Sabtu malam dan kembali keesokan harinya.

“Pada Jumat kemarin saya sempat berbicara dengan pengemudi motor dan mobil, banyak dari Cianjur, Jakarta, Bogor menuju Pelabuhan Ratu,” tuturnya. (Ant)