Menhub Membuka Proyek Pengembangan Stasiun Komersil di Tangerang

by -81 Views

Minggu, 31 Maret 2024 – 09:54 WIB

Tangerang – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan pembangunan Stasiun Baru Jatake, Kabupaten Tangerang, Sabtu, 30 Maret 2024.

Peresmian stasiun di rute Tanah Abang-Maja dan Tanah Abang-Parung Panjang ini, terletak di antara stasiun commuter line Cicayur dan Parung Panjang, Bogor. Menteri Budi menyatakan bahwa stasiun dengan konsep komersil ini diharapkan tidak hanya meningkatkan konektivitas layanan transportasi umum bagi masyarakat, tetapi juga menjadi sumber pendapatan tambahan bagi PT KAI.

“Dengan hadirnya stasiun tambahan ini, kita memastikan konektivitas di seluruh negeri dengan memindahkan transportasi dari pribadi ke umum. Selain itu, stasiun ini berkonsep komersil, sehingga terdapat pendapatan tambahan untuk PT KAI,” ujarnya di Tangerang.

Budi juga mengatakan bahwa kolaborasi antara pemerintah dan swasta diperlukan untuk mempercepat proses pembangunan. Pemerintah memberikan kemudahan agar pembangunan dapat berlangsung merata dan cepat.

Sementara itu, Direktur PT Bumi Serpong Damai, Syukur Lawigena, menjelaskan bahwa pembangunan stasiun ini merupakan kolaborasi antara Sinar Mas Land melalui PT BSD dan PT KAI. Pembangunan stasiun dimulai sejak Januari 2024 dengan luas 2.453 meter persegi dan direncanakan akan beroperasi pada tahun 2025. Stasiun ini memiliki kapasitas untuk menampung 20 ribu penumpang per hari.

Bangunan stasiun yang menghabiskan biaya sekitar Rp100 miliar ini memiliki konsep ramah lingkungan dan menggunakan fasilitas panel surya untuk efisiensi energi listrik. Stasiun ini tidak hanya berkonsep komersil, tetapi juga ramah lingkungan. Kehadiran stasiun ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan transportasi massal serta meningkatkan konektivitas Jakarta dan Banten.