Survei Indikator: Pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Puas dengan Kinerja Jokowi

by -215 Views

Jakarta – Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei pasca-Pemilu 2024. Hasilnya menunjukkan bahwa banyak pendukung pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka merasa puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sebanyak 76,6% masyarakat mengaku puas dengan kinerja Presiden Jokowi saat ini. Ini berdasarkan dukungan para pendukung capres-cawapres, hasilnya tidak jauh berbeda dengan exit poll yang kami rilis minggu lalu, dimana sekitar 58% dari pemilih Prabowo-Gibran, hampir 90,2% di antaranya merasa puas dengan kinerja Jokowi sebagai presiden,” ujar peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam akun YouTube Indikator Politik Indonesia, Rabu (28/2/2024).

Burhanuddin menjelaskan bahwa hasil survei ini memberikan gambaran optimis di tengah tekanan inflasi terutama terkait kenaikan harga beras.

“Dari sekitar 16% pemilih Ganjar-Mahfud, sekitar 74,8% juga merasa puas dengan kinerja Jokowi. Sedangkan dari pemilih Anies-Muhaimin, mayoritas merasa tidak puas, yaitu sebesar 53,3%. Ini menunjukkan bahwa positioning sangat penting. Posisi pendukung Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran sama-sama puas dengan kinerja Jokowi. Dan ini menjelaskan mengapa elektabilitas Ganjar-Mahfud terpukul cukup keras dalam Pemilu sebelumnya,” jelas Burhanuddin.

Survei ini dilakukan terhadap target populasi Warga Negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon. Sampel dipilih menggunakan metode random digit dialing (RDD) atau pembangkitan nomor telepon secara acak dengan 1.227 responden.

Margin of error survei adalah +- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Wawancara dengan responden dilakukan melalui telepon oleh pewawancara yang terlatih. Survei dilakukan pada tanggal 18-21 Februari 2024. (SENOPATI)

Source link