KPU Mulai Melakukan Pleno Rekapitulasi Tungsura Pemilu 2024, Kapolres Minta Tidak Ada Gangguan

by -127 Views

SiwinduMedia.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan mengadakan rapat pleno terbuka untuk merekapitulasi dan menetapkan hasil perhitungan suara dalam Pemilu 2024 tingkat Kabupaten, di Hotel Horison Tirta Sanita Kuningan, Jalan Raya Panawuan – Sangkanurip Cigandamekar – Kuningan, Kamis (29/2/2024).

Rapat pleno ini dihadiri oleh sejumlah saksi dari masing-masing partai peserta Pemilu 2024 dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kuningan Asep Budi Hartono dan empat anggota komisioner lainnya.

Ketua KPU Asep Budi Hartono atau yang akrab disapa Abuhar, menyatakan bahwa pelaksanaan Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 berjalan dengan lancar dan baik. Hal ini berkat dukungan dari Pj Bupati Kuningan, jajaran TNI/Polri, dan seluruh elemen masyarakat yang turut serta dalam proses pemilu 2024.

“Setelah selesai menghitung suara tingkat PPK pada tanggal 17 Februari 2024 – 23 Februari 2024. Mulai hari ini, Kamis 29 Februari 2024 hingga Minggu 3 Maret 2024, kami akan melakukan rekapitulasi hitung suara tingkat Kabupaten,” jelas Abuhar.

Ia menjelaskan bahwa proses pemilu dilaksanakan sesuai dengan Undang-undang nomor 7 tahun 2017, PKPU nomor 5 Tahun 2024, dan keputusan KPU nomor 219 mengenai petunjuk pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam pemilihan umum.

“Rapat pleno dilakukan secara terbuka dan transparan yang dapat disaksikan oleh semua masyarakat melalui streaming youtube KPU Kabupaten Kuningan,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat menyampaikan apresiasi kepada seluruh penyelenggara pemilu dan TNI/Polri yang telah menjalankan tugas dengan integritas dan dedikasi tinggi. Pemilu 2024 di Kabupaten Kuningan berjalan aman, lancar, dan minim gesekan berkat kerja keras semua pihak.

Meskipun ada petugas pemilu yang meninggal dan mengalami kecelakaan, namun berkat koordinasi yang baik, pemerintah daerah telah menyediakan jaminan sosial bagi para pejuang demokrasi.

Iip menegaskan pentingnya menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama pemilu berlangsung, serta menghormati hasil pemilu sesuai dengan komitmen bersama untuk keberhasilan demokrasi di Indonesia.

Kapolres Kuningan, AKBP Willy Andrian, menjamin penuh keamanan selama rapat pleno KPUD berlangsung dengan siaga 100 personil setiap harinya dari Polres dan Polsek. Willy menegaskan agar pihak yang ingin menyampaikan aspirasinya melakukan audiensi setelah sidang pleno tanpa mengganggu jalannya rapat.