Gibran Menghadiri Aksi Demo Mahasiswa di Depan Balai Kota Solo: Momen Langka

by -102 Views

Selasa, 6 Februari 2024 – 17:51 WIB

Solo – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Solo Raya Untuk Kepemimpinan Bermartabat (AMSR-UKB) melakukan aksi demonstrasi di depan Balai Kota Solo pada hari Selasa, 6 Februari 2024. Untuk pertama kalinya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan para demonstran yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Solo Raya.

Pantauan VIVA, ratusan peserta demonstrasi tiba di depan Balai Kota Solo sekitar pukul 13.30 WIB. Para peserta demonstrasi terlihat membawa sejumlah spanduk dengan tulisan ‘Tuntut Gibran Berjanji, Tidak Akan Pernah Berkhianat Kepada Rakyat Indonesia’, ‘Kami Butuh Bukti Bukan Janji’, ‘Menuntut Janji Gibran untuk Melakukan Pemerataan Pembangunan & Kesejahteraan’, dan lainnya.

Dalam orasinya, koordinator aksi, Farouq Naufally Mumtaz membacakan pakta integritas yang berisi sebelas poin terkait harapan pasangan Prabowo-Gibran jika nantinya terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. Mereka juga meminta cawapres nomor urut 2, yang juga merupakan putra sulung Presiden Jokowi, untuk bertemu dengan para pendemo. Tidak berselang lama, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terlihat berjalan kaki dari arah Pendhapi Gede menuju depan Balai Kota Solo untuk menemui para pendemo.

Kedatangan Gibran disambut meriah oleh para mahasiswi yang tidak mengenakan jas almamater. Mereka beberapa kali mengacungkan salam dua jari. Setelah menandatangani pakta integritas yang disodorkan oleh koordinator aksi demo, Gibran berpamitan dan kembali ke ruang kerjanya dengan diikuti koordinator aksi demo dan dua panitia aksi demo lainnya.

Saat diwawancarai, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi pakta integritas yang disampaikan oleh para mahasiswa. Menurutnya, pendapat yang disuarakan peserta aksi demo itu sesuai dengan visi dan misi dari pasangan calon nomor urut 2, Prabowo-Gibran.

Koordinator aksi Aliansi Mahasiswa Solo Raya Untuk Kepemimpinan Bermartabat, Faoruq Naufally Mumtaz, menyatakan bahwa pakta integritas yang menjadi tuntutan para mahasiswa itu ingin disampaikan ke cawapres nomor urut 2 karena berdasarkan hasil survei elektabilitas paslon capres-cawapres merupakan yang tertinggi. Dia juga menyampaikan aspirasi mengenai mahasiswa dan generasi muda dalam pakta integritas tersebut, dan mengharapkan hal tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut.