Mahfud MD: Pemerintah Tidak Akan Membangun Penampungan Baru untuk Pengungsi Rohingya

by -109 Views

Rabu, 20 Desember 2023 – 16:43 WIB

Bogor – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD menegaskan, pemerintah tidak akan lagi membangun penampungan sementara bagi pengungsi Rohingya.

Mahfud menyebutkan, pemerintah memiliki alasan tersendiri untuk tak lagi membangun tempat penampungan bagi etnis Rohingya. Ia juga mengatakan jumlah pengungsi Rohingya terus bertambah karena adanya jaringan mafia tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

“Tempat penampungan yang disediakan pemerintah di berbagai tempat itu sudah penuh. Meskipun baik masyarakat lokalnya seperti di Aceh itu menolak, sehingga kita tidak bangun lagi di sana tapi pasti demi kemanusiaan ditolong,” kata Mahfud kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat, Rabu, 20 Desember 2023.

Jaringan mafia TPPO tersebut, menurut Mahfud, dengan sengaja mengirimkan pengungsi etnis Rohingya ke Indonesia untuk kemudian diberangkatkan lagi ke negara lain.

Maka itu, Mahfud mengatakan pemerintah masih dalam tahap mengkaji terkait pencarian lokasi lain untuk menampung para pengungsi etnis Rohingya.

“Sekarang sudah ditampung sementara, tetapi yang lebih sementaranya, mungkin agak menengah, ini masih dibicarakan, dicari tempatnya, dicari biayanya, dan sebagainya,” ujarnya.