Pelabuhan Merak Akan Ditutup Selama Musim Liburan Jika Terjadi Cuaca Buruk

by -119 Views

Selasa, 19 Desember 2023 – 18:30 WIB

Banten – Apabila terjadi cuaca buruk yang menyebabkan kapal tidak dapat berlayar maka Pelabuhan Merak akan ditutup. Standar Operasional Prosedur (SOP) telah ditetapkan, kebijakan penutupan sementara pelabuhan akan dikeluarkan oleh BPTD Banten.

“Bila cuaca telah tidak memungkinkan untuk berlayar, maka saya sebagai Kepala BPTD akan mengumumkan penutupan sementara,” kata Benny Nurdin Yusuf, Kepala BPTD Banten, Selasa, 19 Desember 2023.

Jika Pelabuhan Merak ditutup karena cuaca buruk, area istirahat di KM 43 dan KM 68, serta Jalan Cikuasa Atas akan digunakan sebagai tempat parkir. Penutupan Pelabuhan Merak karena cuaca buruk berdasarkan rekomendasi dari BMKG.

“Apabila BMKG memberikan rekomendasi kepada kami, maka kita akan menindaklanjutinya. Kami juga sudah memiliki SOP khusus untuk penutupan dermaga itu sendiri,” jelasnya.

Dermaga 1 Pelabuhan Merak telah siap dijadikan Dermaga Eksekutif kedua yang akan melayani penumpang menyeberangi Selat Sunda. Total, ada sembilan kapal yang akan sandar. Sementara itu, di Dermaga Eksekutif pertama, ada enam kapal yang melayani penyeberangan.

Saat ini pelabuhan masih berstatus fungsional, sementara kesepakatan bisnis antara PT ASDP Indonesia Ferry dengan operator kapal masih dalam proses penyelesaian.

“Jadwalnya sudah kita susun, sirkulasinya masih menggunakan sirkulasi lama, tapi kapal dan dermaganya sudah dimanfaatkan, karena masih sifatnya fungsional. Tarifnya juga masih diatur kembali, dalam waktu dekat dari PT ASDP sudah selesai, baru kita runningkan semua,” jelasnya.