Meskipun ada masalah di dalam negeri, kita harus membantu Rohingya

by -111 Views

Senin, 18 Desember 2023 – 09:12 WIB

Pati – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep memandang perlu mengedepankan kemanusiaan dalam menghadapi kehadiran pengungsi Rohingya di Indonesia.

Kaesang Pangarep berbicara saat silaturahmi dengan warga Pati, Jawa Tengah, Minggu, 17 Desember 2023. Dia menekankan pentingnya membantu sesama dan tetap mengedepankan kemanusiaan meskipun kehadiran pengungsi Rohingya menimbulkan masalah sosial di Aceh.

Kaesang menegaskan bahwa masalah pengungsi Rohingya harus segera didapatkan solusinya tanpa mengesampingkan masalah kemanusiaan. Meskipun Indonesia tidak berkewajiban untuk menerima pengungsi Rohingya, namun sebagai negara sesama manusia Indonesia memutuskan untuk menampung pengungsi tersebut berdasarkan diplomasi kemanusiaan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga menyerukan agar akar masalah pengungsi Rohingya bisa segera diselesaikan guna mencegah dampak lebih lanjut bagi negara-negara ASEAN. Meskipun pengungsi Rohingya memasuki Indonesia karena kekerasan yang terus terjadi di Myanmar, Retno Marsudi berharap masyarakat internasional dapat bekerjasama menghentikan konflik dan memulihkan demokrasi di Myanmar sehingga pengungsi Rohingya dapat kembali ke rumah mereka.