Pratikno Mengungkap Alasan Mengapa Jokowi Memilih Mengenakan Dasi Berwarna Kuning

by -82 Views

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, menjelaskan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai dasi warna kuning saat akan bertolak ke Jepang pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Jokowi bersama rombongan terbatas berangkat ke Jepang dari Pangkalan Lapangan Udara TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Tampak, hadir juga Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengantarkan Jokowi.

Pratikno menyebut bahwa Jokowi kesulitan mencari dasi, sehingga ia memilih dasi yang tersedia untuk dipakai.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah memakai dasi warna kuning saat bertolak ke Jepang. Kedatangan Jokowi di Jepang untuk melakukan kunjungan kenegaraan yang berlangsung hingga 19 Desember 2023. Selama di Jepang, Jokowi dijadwalkan akan melakukan beberapa agenda, termasuk pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Jokowi juga akan memimpin KTT ASEAN-Jepang, dan menghadiri KTT AZEC (ASEAN zero emission community).

Pada pertemuan dengan PM Kishida, Jokowi akan membahas kerja sama ekonomi, infrastruktur, transisi energi, mineral kristal, dan kerja sama maritim. Selain itu, Jokowi juga akan memimpin KTT perayaan 50 Tahun ASEAN-Jepang dengan tema ‘Golden Friendship, Golden Opportunity’. Jokowi juga akan menghadiri KTT AZEC yang pertama, setelah diluncurkan disela-sela KTT G20 di Bali.

Rencananya, Jokowi akan tiba kembali di Tanah Air pada 19 Desember 2023.