✅ Gibran Resmi Menggantikan Prabowo Sebagai Cawapres, Ganjar-Mahfud: Selamat Memulai Pertandingan

by -622 Views

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka resmi diusung partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) menjadi cawapres Prabowo Subianto. Bakal calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pun memberikan selamat kepada Gibran setelah ia diusung untuk maju dalam pilpres.

“Ganjar mengatakan, ‘Semua warga negara punya hak untuk ikut serta dalam sebuah kontestasi. Jadi selamat kepada Gibran. Semoga kita akan bertanding dengan fair, sehat, dan menyenangkan,” ujar Ganjar di Media Center Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud di Menteng, Jakarta Pusat, pada Minggu (22/10).

Sementara itu, Mahfud menambahkan, “Selamat bertanding” dalam menyampaikan dukungannya kepada Gibran.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka secara resmi dideklarasikan oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Deklarasi tersebut langsung diumumkan oleh Prabowo di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Minggu malam, 22 Oktober 2023.

Dalam deklarasi tersebut, Prabowo menyampaikan hasil rapat dengan sejumlah Ketua Umum KIM seperti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

“Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat, mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden KIM untuk 2024-2029. Dan saudara Gibran Rakabumingraka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo pada Minggu, 22 Oktober 2023. Prabowo juga mengungkapkan bahwa dirinya bersama Gibran akan mendaftarkan diri ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023.

“Penyampaian ini telah lama dinantikan, dan ini juga yang disampaikan kepada masyarakat umum. Kami akan mendaftar di KPU pada tanggal 25,” tambahnya.