Jokowi Berharap Nawawi Pomolango Bisa Meningkatkan Kinerja KPK sebagai Ketua Baru

by -111 Views

Sabtu, 25 November 2023 – 20:02 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara menggantikan Firli Bahuri. Hal ini dikarenakan Firli ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021.

Setelah Nawawi terpilih sebagai Ketua KPK sementara, Presiden Jokowi berharap agar KPK bisa berjalan dengan baik hingga terpilihnya Ketua KPK yang baru. Nawawi diharapkan mampu membawa KPK menuju ke arah yang lebih baik.

Jokowi juga meminta untuk melihat kinerja Nawawi sebagai Ketua KPK sementara terlebih dahulu sebelum diputuskan apakah perlu ada evaluasi di KPK. Jika memang diperlukan, evaluasi akan dilakukan.

Sebelumnya, Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pemberhentian sementara Firli Bahuri dari jabatan Ketua KPK dan menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara.

Firli Bahuri sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya atas dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian pada tahun 2021.