Media Singapura Straits Times Ulas Pengaruh Besar Prabowo Subianto di Dunia Saat Menjabat Presiden

by -9 Views

Jakarta – Presiden terpilih RI untuk periode 2024-2029, Prabowo Subianto, dianggap akan memberikan pengaruh besar bagi Indonesia di kancah dunia internasional selama kepemimpinannya. Hal ini dipaparkan dan diulas secara mendalam oleh media Singapura, The Straits Times, dalam artikel berjudul “Prabowo memiliki rencana besar untuk Indonesia di dunia internasional” yang diterbitkan pada Sabtu (21/9).

“Indonesia tanpa disadari telah memilih de facto Menteri Luar Negeri yang baru. Dalam tujuh bulan sejak mendapatkan sekitar 59 persen dari sekitar 200 juta suara, Prabowo telah melakukan kunjungan ke lebih dari 10 negara, termasuk Singapura, China, Jepang, Rusia, dan Australia,” tulis The Straits Times seperti dikutip pada Sabtu.

Prabowo baru-baru ini melakukan kunjungan ke beberapa negara sebagai Menteri Pertahanan, tetapi dia juga dikenal sebagai calon Presiden Indonesia mendatang.

Warga Negara Indonesia yang diwawancara oleh The Straits Times dalam artikel tersebut menyatakan sangat menantikan masa pemerintahan Prabowo karena mereka percaya Prabowo memiliki “fokus yang tepat” dalam mengembangkan peran Indonesia di dunia.

“Dengan menjadi proaktif dalam urusan internasional, Prabowo diharapkan dapat memudahkan komunikasi Indonesia dengan negara lain, serta berperan sebagai mediator dalam penyelesaian konflik jika diperlukan,” seperti yang dikutip dari The Straits Times.

Para ahli dan masyarakat lain juga memperkirakan bahwa Prabowo akan fokus pada kebijakan luar negeri untuk meningkatkan posisi Indonesia di dunia.

“The Straits Times menyebutkan bahwa Prabowo aktif dalam mengkritik negara-negara Barat terkait konflik Israel-Palestina. Dia juga hadir dan berbicara di Konferensi Tingkat Tinggi di Gaza pada 11 Juni 2024 lalu.

“Pendekatannya terhadap Gaza masih konsisten, dan pada bulan Juni, Prabowo menjadi sorotan karena kehadiran pada konferensi kemanusiaan tingkat tinggi di Gaza,” tulis The Straits Times.

Prabowo juga aktif dalam mendukung bantuan untuk Palestina yang terkena dampak konflik dengan menawarkan evakuasi total 1.000 pasien dari Gaza ke Indonesia dan kesempatan bagi anak-anak Palestina untuk belajar di pesantren di Jawa Timur.

Julia Lau, seorang senior fellow di ISEAS – Yusof Ishak Institute di Singapura, juga mengatakan bahwa Prabowo akan membuat Indonesia lebih aktif dalam kebijakan luar negeri.

“Prabowo masih memerlukan Kementerian Luar Negeri yang kompeten, dan dia akan memiliki dampak besar pada arah kebijakan luar negeri Indonesia di masa depan,” kata Lau.

Meskipun demikian, artikel tersebut juga mencatat bahwa masyarakat tetap menuntut komitmen dari Prabowo untuk memenuhi janji politiknya selama kampanye, dan membuktikan kepada para kritikusnya bahwa ia tidak hanya berjanji semata, tetapi juga melakukan tindakan nyata. (RR)

Sumber: straitstimes.com

Source link