Indonesia Menyerahkan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens ke Pemerintah Selandia Baru

by -15 Views

Minggu, 22 September 2024 – 07:45 WIB

Jakarta, VIVA – Pemerintah Indonesia telah menyerahkan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens, yang ditawan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di bawah pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023, kepada Pemerintah Selandia Baru.

Serah terima itu dilakukan setelah pesawat TNI Angkatan Udara yang membawa Mehrtens tiba di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu malam, 21 September 2024, pukul 22.26 WIB.

“Saya secara resmi mewakili Pemerintah Republik Indonesia telah menyerahkan Kapten Pilot Philip Mehrtens kepada Pemerintah Selandia Baru yang diwakili oleh Duta Besar Selandia Baru di Jakarta, Bapak Kevin (Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett),” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu.

Hadi menyatakan bahwa proses penyerahan berjalan lancar. Dia juga menyebutkan bahwa saat ini Mehrtens telah menjadi tanggung jawab Kedutaan Besar Selandia Baru.

Dia juga menyampaikan bahwa pembebasan Mehrtens adalah hasil dari kerja keras semua pihak. Oleh karena itu, dia mengapresiasi TNI, Polri, tokoh masyarakat, adat, dan pemuka agama.

“Terima kasih juga kepada Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, serta Kedutaan Besar Selandia Baru di Jakarta, dan tentunya berbagai pihak yang telah membantu dalam proses pembebasan sandera, yaitu Philip Mehrtens,” ujarnya.

Mehrtens dibebaskan oleh KKB dan dijemput oleh tim Satgas Operasi Damai Cartenz di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, pada Sabtu, 21 September 2024. Selanjutnya, Mehrtens diterbangkan ke Timika untuk pemeriksaan kesehatan. Setelah dinyatakan sehat, Mehrtens diterbangkan dari Timika menuju Jakarta menggunakan pesawat TNI AU.