Tim Aerobatic The Jupiter TNI AU Menampilkan 14 Manuver Spektakuler di Pembukaan Bali International Airshow 2024

by -24 Views

Kamis, 19 September 2024 – 08:46 WIB

Bali, VIVA – Enam pesawat Tim Aerobatik The Jupiter milik TNI AU memulai pembukaan Bali International Airshow (BIAS) 2024 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Rabu, 18 September 2024.

Pemimpin Jupiter Aerobatik Letkol PNB Ferdian Habibi menjelaskan, Tim Aerobatik The Jupiter melakukan 14 manuver udara. Antara lain, Eagle to arrowhead loop, delta loop, barrel roll, fall in love, twin half cuban, snake loop, mirror, screw roll, solo spin, five card loop, vlover leaf and cascade, jupiter wheels.

Menurutnya setiap manuver memiliki tantangan tersendiri.

“Semua manuver memiliki predikat dan tantangan masing-masing dan semuanya menantang bagi saya ataupun anggota yang lain,” jelas Ferdian Habibi setelah melakukan berbagai manuver di BIAS 2024.

Sementara itu, sebelum melakukan manuver-manuvernya di Bali Airshow, tim Aerobatik The Jupiter telah melakukan latihan di Landasan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta selama satu bulan.

“Persiapan sebelum tampil di Bali Airshow telah melaksanakan latihan selama sebulan di Lanud Adi Sucipto Yogyakarta. Dengan melakukan berbagai macam manuver yang tadi kami tampilkan,” ujarnya.

Selain melakukan latihan untuk 14 manuver, tim aerobatik The Jupiter juga melakukan latihan terkait cuaca khususnya pada cuaca buruk.

“Jadi jika cuaca buruk kita memiliki alternatif manuver yang kita laksanakan,” ucapnya.

Habibi menambahkan, saat melakukan manuver di udara, koordinasi dengan tim aerobatik menggunakan radio dalam pesawat.

“Sehingga apa pun yang disampaikan kita akan komunikasikan sehingga semua anggota sudah memantau apa yang akan dilaksanakan. Dan sebelum penerbangan kita sudah briefing dengan detail,” kata Habibi.

Habibi berharap Bali International Air Show bisa menjadi event rutin yang dapat dilaksanakan setiap tahun atau dua tahun sekali.