Gus Miftah Mengatakan Jokowi Akan Bersiap Keliling Temui Masyarakat Setelah Pensiun presiden

by -23 Views

Kamis, 19 September 2024 – 15:11 WIB

Yogyakarta, VIVA – Presiden Joko Widodo menyambangi Ponpes Ora Aji di bawah asuhan Miftah Maulana Habiburrahman atau yang biasa disapa Gus Miftah, pada Kamis, 19 September 2024. Kehadiran Kepala Negara ini dalam rangka perayaan Hari Lahir Ponpes Ora Aji yang ke-12.

Selama berada di Ponpes Ora Aji, Presiden Jokowi sempat berbincang dengan Gus Miftah. Obrolan keduanya berlangsung selama sekitar 30 menit dan dilakukan secara tertutup.

Setelah pertemuan, Gus Miftah membocorkan isi percakapannya dengan Jokowi di Ponpes Ora Aji tersebut. Salah satu isi obrolan adalah rencana Jokowi setelah pensiun dari jabatannya sebagai Presiden. Seperti yang diketahui, masa tugas Jokowi akan berakhir pada 20 Oktober 2024, yang juga merupakan jadwal pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka oleh MPR RI.

Gus Miftah menceritakan, Jokowi akan pulang ke Solo setelah pensiun. Di Solo, lanjut Gus Miftah, Jokowi memilih untuk tidur selama seminggu hingga dua minggu.

“Beliau menyampaikan setelah tanggal 20 Oktober, akan tidur seminggu dua minggu di Solo,” kata Gus Miftah.

Setelah beristirahat di Solo, tambah Gus Miftah, Jokowi berencana untuk berkeliling. Saat berkeliling ini, Jokowi akan bertemu dengan masyarakat Indonesia.

Meskipun begitu, Jokowi tidak merinci kota-kota yang akan ia kunjungi. Gus Miftah hanya menyebutkan bahwa rencana berkeliling Indonesia ini masih dalam tahap perencanaan.

Gus Miftah menambahkan bahwa Jokowi ingin beristirahat setelah pensiun. Nantinya, urusan pemerintahan ke depan akan menjadi tanggung jawab Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

“Soal pemerintahan menjadi urusan Pak Prabowo-Gibran,” tutup Gus Miftah menirukan ucapan Jokowi.