Ibas Dorong Penguatan Kerja Sama dengan Parlemen Uzbekistan: Kolaborasi Siap Dilakukan

by -24 Views

Jakarta, VIVA – Grup Kerjasama Bilateral Indonesia (GKSB) dari DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Uzbekistan. Rombongan GKSB yang dipimpin oleh Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dari Fraksi Partai Demokrat bertemu dengan perwakilan parlemen Uzbekistan di Tashkent, yaitu Oliy Majlis.

Ibas bersama anggota GKSB lainnya melakukan pertemuan bilateral dengan Kepala kelompok persahabatan Uzbekistan-RI, Erkin Salikhov sebagai ketua delegasi dan beberapa anggota parlemen lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Ibas mengucapkan terima kasih karena diberikan kesempatan untuk melakukan pertemuan bilateral di Uzbekistan. Ia juga menyampaikan bahwa Indonesia juga akan memasuki era baru di bawah kepemimpinan Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto. Ibas menekankan komitmen Indonesia dalam mendorong pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan, serta keyakinan bahwa pemerintahan baru akan fokus pada pertumbuhan ekonomi yang adil.

Ibas menyatakan pentingnya kolaborasi antara Indonesia dan Uzbekistan melalui parlemen agar dapat mencapai tujuan bersama terkait kesejahteraan, kesetaraan, dan keberlanjutan. Ia juga menyoroti peran strategis Uzbekistan sebagai pemimpin kunci di wilayah Asia Tengah dalam membentuk politik global dan ekonomi dunia.

Selain itu, Ibas juga mengapresiasi peningkatan kerja sama antara kedua negara dalam bidang pariwisata, transportasi, pendidikan, dan budaya. Ia menegaskan pentingnya demokrasi dan tata kelola pemerintahan yang transparan, serta mendukung Pemilu Parlemen di Uzbekistan sebagai langkah mendukung demokrasi yang sejati dan HAM.

Ibas juga mendorong Uzbekistan untuk terus mendukung kemerdekaan bangsa Palestina, sebagai komitmen bersama untuk mewujudkan perdamaian dan keadilan bagi rakyat Palestina. Hadir dalam pertemuan di Taskent juga Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), Putu Supadma Rudana, serta anggota delegasi GKSB lainnya.

Demikianlah kunjungan kerja GKSB DPR RI ke Uzbekistan yang bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama antara kedua negara.