Jokowi Bolak Balik Jakarta-IKN Sepekan Jelang HUT RI

by -25 Views

Jakarta – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) satu minggu ini harus bolak-balik antara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, dan Jakarta. Hal ini dikarenakan Jokowi akan menghadiri Upacara Hari Kemerdekaan ke-79 RI di Istana Negara IKN pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Di sisi lain, Presiden Jokowi juga memiliki agenda di Jakarta, seperti Sidang Tahunan MPR/DPD/DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat, 15 Agustus 2024.

Untuk memulai kegiatannya di IKN Nusantara, Presiden Jokowi terbang ke Kalimantan Timur dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Minggu, 11 Agustus 2024, pukul 14.00 WIB.

Rencananya, Presiden Jokowi akan menginap di Istana IKN dan menggelar Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda, IKN Nusantara pada Senin, 12 Agustus 2024, pukul 09.30 WITA.

Setelah Sidang Kabinet Paripurna, Jokowi akan meninjau Istana Wakil Presiden di IKN Nusantara pada Senin, 12 Agustus 2024. Selanjutnya, Jokowi akan memberikan pengarahan kepada Gubernur, Bupati, dan Wali Kota se-Indonesia di Istana Garuda, IKN pada Selasa, 13 Agustus 2024. Kemudian, Jokowi akan mengukuhkan Tim Paskibraka tahun 2024 untuk Upacara 17 Agustus di IKN.

Pada Rabu, 14 Agustus, Jokowi akan menyaksikan gladibersih peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara IKN sebelum kembali ke Jakarta untuk memberikan Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia.

Presiden Jokowi akan berada di Jakarta hingga Sidang Tahunan MPR/DPD/DPR RI pada Jumat, 16 Agustus 2024. Agenda kegiatan Jokowi pada Kamis, 15 Agustus 2024, belum diumumkan.

Setelah Sidang Tahunan MPR/DPD/DPR RI, Jokowi akan kembali ke IKN Nusantara, Kalimantan Timur pada Jumat, 16 Agustus 2024, untuk menghadiri Apel Kehormatan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa, IKN.

Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia akan dilaksanakan di Istana Negara IKN pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Kegiatan di Istana Merdeka Jakarta pada tanggal tersebut dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka, dan sejumlah menteri.

Yusuf juga mengajak masyarakat Indonesia untuk mendoakan kesuksesan acara Bulan Kemerdekaan agar berjalan lancar sesuai harapan bersama. Semoga semua rangkaian acara HUT RI bisa dinikmati dengan penuh sukacita dan kegembiraan.