Peluang Kemenangan RK Meningkat Jika KIM Plus Terwujud dalam Sinyal Maju Pilgub Jakarta

by -30 Views

Rabu, 7 Agustus 2024 – 15:59 WIB

Jakarta, VIVA – Sinyal mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias RK untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jakarta terus menguat. Elite Koalisi Indonesia Maju (KIM) seperti Sufmi Dasco Ahmad menegaskan bahwa RK akan bersaing untuk kursi Gubernur Jakarta.

Baca Juga :

Isu Golkar dan Gerindra ‘Tukar Guling’ di Pilgub, Ijeck: Gak Ada, Kita Lihat Potensi Aja

Pengamat sekaligus Direktur Eksekutif Era Politik Indonesia Khafidlul Ulum menganalisis bahwa sinyal RK untuk maju ke Jakarta semakin menguat setelah Golkar mengumumkan dukungannya untuk Dedi Mulyadi di Pilgub Jawa Barat.

Menurut Ulum, meskipun saat ini masih berada di bawah Anies Baswedan, RK masih memiliki kesempatan untuk meningkatkan elektabilitasnya. Hal ini dikarenakan berdasarkan rekam jejaknya, RK memiliki peluang besar untuk meningkatkan elektabilitasnya.

Baca Juga :

Posisi RI dalam Deretan Negara Militer Terkuat Dunia, Heboh Sewa Alphard Rp25 Juta di IKN

Ia tidak menyangkal bahwa Anies saat ini merupakan calon gubernur Jakarta dengan elektabilitas tertinggi. Namun, ia menekankan bahwa RK juga bukan merupakan figur yang bisa dianggap remeh karena sudah memiliki pengalaman sebagai kepala daerah.

“Ridwan Kamil memiliki modal yang dapat dibawa dari Jawa Barat ke Jakarta,” kata Ulum di Jakarta, Selasa, 7 Agustus 2024. 

Baca Juga :

Kala Cak Imin Sebut Tak Ada KIM, Jong Un dan Kimchi saat Pilkada 2024

Perbandingan Elektabilitas Anies vs Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024

Perbandingan Elektabilitas Anies vs Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024

Ia menyebut bahwa selain popularitas, rekam jejak RK yang bersih juga menjadi salah satu kekuatan bagi mantan Wali Kota Bandung tersebut. 

Ulum menilai bahwa RK merupakan salah satu politikus yang belum memiliki rekam jejak negatif. 

“Selama ini Ridwan Kamil juga tidak memiliki rekam jejak negatif. Dari segi pencitraan politik, bagus. Penerimaan masyarakat, bagus,” jelas Ulum. 

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa masalah elektabilitas saat ini masih menjadi tantangan bagi RK. Dia harus mampu meningkatkan elektabilitasnya di Jakarta.
 
“Elektabilitasnya belum terlalu rendah, namun juga belum terlalu tinggi. Dan, masih ada waktu untuk meningkatkannya,” kata dia. 

Kemudian, ia juga menyinggung dukungan politik yang akan diberikan kepada RK jika benar-benar maju ke Jakarta. Politikus dari Partai Golkar akan mendapatkan dukungan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Ia menganalisis bahwa ini akan menjadi modal yang kuat jika wacana KIM Plus dapat direalisasikan. Peluang RK dengan dukungan KIM Plus akan membuat Wakil Ketua Umum Partai Golkar tersebut dapat memenangkan Pemilihan Gubernur Jakarta 2024. Peluang kemenangan RK juga dinilai besar.

Ulum menambahkan bahwa dengan situasi politik saat ini, RK nampaknya akan mendapatkan dukungan dari KIM jika maju dalam Pemilihan Gubernur Jakarta.

“Peluang untuk menang akan besar jika KIM Plus terbentuk dan partai-partai tersebut berkumpul di sana,” ujar Ulum. 

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan bahwa KIM Plus sepakat untuk mengusung RK sebagai calon dalam Pemilihan Gubernur Jakarta 2024. Dasco mengatakan bahwa nama RK sudah disepakati oleh KIM.

“Insya Allah, dalam KIM Plus sudah ada satu nama yaitu Ridwan Kamil untuk pilkada Jakarta,” kata Dasco di Jakarta, baru-baru ini. 

Menurut Dasco, keputusan KIM Plus untuk mendukung RK sudah pasti. Dia menyatakan bahwa KIM Plus tidak hanya dibentuk untuk pemilihan saja. “KIM Plus dibentuk untuk kemajuan Indonesia ke depan. Tidak hanya terbatas pada pemilihan,” ujar Dasco.

 

Halaman Selanjutnya

Ulum menilai bahwa RK merupakan salah satu politikus yang belum memiliki rekam jejak negatif. 

Halaman Selanjutnya