Dari Prancis Hingga Rusia, Catatan Perjalanan Prabowo Subianto Bertemu Para Pemimpin Dunia

by -31 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan RI dan presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke beberapa negara di Eropa mulai tanggal 24 hingga 31 Juli 2024.

Dalam perjalanannya, Prabowo bertemu dengan para pemimpin dari empat negara, yaitu Presiden Prancis Emmanuel Macron; Presiden Serbia Aleksandar Vucic; Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan; dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kedatangan Prabowo ke negara-negara tersebut selalu disambut dengan hangat, bahkan para pemimpin negara tersebut juga mengantarkannya kembali ke kendaraannya setelah pertemuan.

Pada kunjungan pertamanya ke Istana Elysee, Rabu (24/7), Prabowo disambut oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron yang telah menantinya keluar dari mobil untuk memberikan salam dan pelukan hangat.

Selanjutnya, Prabowo dan Macron membahas isu keamanan global dan rencana peningkatan kerja sama di bidang pertahanan, seperti modernisasi peralatan militer, industri pertahanan, pendidikan dan pelatihan, serta forum dialog.

Tidak hanya bertemu Macron, Prabowo juga menghadiri pembukaan Olimpiade Paris 2024 atas permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino untuk membahas pengembangan sepakbola di Indonesia.

Di hari yang sama, Prabowo juga bertemu Presiden International Olympics Committee, Thomas Bach, untuk membicarakan potensi Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Setelah dari Prancis, Prabowo terbang ke Serbia, pada Senin (29/7), dan bertemu Presiden Aleksandar Vucic. Pertemuan keduanya bertujuan untuk memperkuat dialog politik, mengembangkan kerja sama ekonomi, dan mendukung kedua negara.

Di Turki, Prabowo bertemu Presiden Recep Tayyip Erdoğan. Prabowo merasa dihormati karena disambut langsung oleh Erdoğan dan memberikan selamat atas terpilihnya Erdoğan sebagai presiden.

Pertemuan mereka membahas komitmen kedua negara di bidang pertahanan, termasuk peningkatan kapasitas militer dan industri pertahanan.

Prabowo juga bertemu Menteri Pertahanan Turki Yaşar Güler dan Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan untuk membahas hubungan bilateral dan situasi geopolitik.

Kunjungan Prabowo di Turki dilanjutkan dengan kunjungannya ke Pusat Teknologi Nasional Ozdemir Bayraktar, Istanbul, yang dikenal sebagai pusat inovasi teknologi pertahanan terkemuka di Turki.

Prabowo juga bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Mereka membahas kerja sama Indonesia-Rusia di bidang pendidikan, pariwisata, ketahanan pangan, dan pertahanan.

Prabowo menekankan pentingnya ketahanan pangan, keamanan energi, dan pendidikan dalam kerja sama antara kedua negara.

Mereka juga membicarakan potensi kerja sama dalam energi nuklir dan dukungan dari Rusia untuk membuka Konsulat Jenderal Rusia di Bali.

Prabowo juga mengundang Rusia untuk menghadiri pameran pertahanan yang akan diadakan di Indonesia pada November 2024.

Source link