Gelaran Muharaman: PPK Pancalang Edukasi Pilkada

by -38 Views

SiwinduMedia.com – Proses pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 sedang berlangsung, tahapan demi tahapan sudah dilalui.

Setelah pekan sebelumnya selesai tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih oleh petugas pemutakhiran data pemilih. Bertempat di gedung serba guna Desa Tajurbuntu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Pancalang mengadakan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada Selasa, (30/07/2024).

Pelaksanaan gebyar Muharram yang diselenggarakan oleh Majelis Dirosah Islamiyah yang menghimpun 13 Majelis Ta’lim se-Kecamatan Pancalang, dimanfaatkan oleh PPK Pancalang bersama PPS setempat. Dengan melakukan edukasi pemilih, yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Gebyar Muharram diikuti oleh tidak kurang dari 300 peserta dengan berbagai latar belakang. Mulai dari ibu rumah tangga, tenaga pendidik, tokoh agama, hingga tokoh masyarakat.

“Ini momentum yang tepat, dihadiri oleh 13 Mejelis Ta’lim dari 13 desa di Kecamatan Pancalang. Segmen pemilih dari semua lapisan masyarakat hadir dalam acara tersebut, 300 peserta dengan mayoritas ibu-ibu. Namun, kecepatan ibu-ibu dalam menyebarkan informasi tidak diragukan,” ujar Yayat Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM, dan Partisipasi Masyarakat PPK Kecamatan Pancalang.

Yayat berharap, semua informasi terkait pilkada dapat disebarkan luas. Menjadi informasi bagi masyarakat, kapan pilkada akan dilaksanakan, dan mengajak mereka datang ke TPS pada hari pelaksanaannya. Sehingga tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan bisa meningkat.

Kegiatan dimulai dengan perkenalan, penyampaian tahapan-tahapan, hingga pemaparan pengetahuan tentang pilkada yang disampaikan langsung oleh Ketua PPK Kecamatan Pancalang dan PPS Desa Tajurbuntu. Acara berlangsung meriah, karena Panitia telah menyiapkan berbagai door prize untuk peserta yang hadir.

“Kita perlu mendidik masyarakat agar menjadi pemilih yang cerdas. Pemilih yang cerdas tidak akan mudah terpengaruh oleh hoax, tidak mudah terprovokasi, dan tentu saja tidak terpengaruh oleh money politik. Itulah yang harus kita perjuangkan bersama, kecerdasan dalam memilih. Harapannya, semua yang hadir menjadi pionir perdamaian dan kegembiraan dalam pelaksanaan pilkada, minimal di lingkup keluarga,” ujar Ketua PPK Kecamatan Pancalang, Dian Aprianti di tengah acara.

Dalam kegiatan tersebut terlihat hadir Camat Kecamatan Pancalang, Kapolsek Kecamatan Pancalang, Danramil 15/14 Pancalang, para Kepala Desa, dan Kesra se-Kecamatan Pancalang.