PAN Mendukung Kolaborasi Ahmad Luthfi-Kaesang Pangarep dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah

by -35 Views

Jumat, 26 Juli 2024 – 20:35 WIB

Jakarta – Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengungkapkan partainya siap mendukung duet Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Pilgub Jateng 2024.

Yandri mengakui duet Ahmad Luthfi-Kaesang sudah dibahas secara intens dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas).

“Diskusi hampir tiap malam dengan ketum membicarakan itu gimana racikan Jawa Tengah antara Pak Luthfi dengan Kaesang. (Jadi) Betul, kalau Jawa Tengah (dukung duet Luthfi-Kaesang),” kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 26 Juli 2024.

Yandri lantas menjelaskan alasan PAN condong mendukung duet Ahmad Luthfi-Kaesang di Pilgub Jateng. Alasannya, Kaesang merupakan anak muda dengan elektabilitas tertinggi di Jateng.

“Pak Luthfi kan walaupun dia sebagai seorang polisi tapi komunikasi dengan akar rumput. Itu sangat bagus dan penerimaannya sangat kuat di Jateng. Apalagi beliau sebagai kapolda menguasai daerah dan teritorial di Jateng,” kata Yandri.

Meski demikian, lanjut Yandri, pihaknya belum mengeluarkan rekomendasi final untuk Pilgub Jateng. PAN, kata dia, juga masih menunggu keputusan pasti soal syarat usia cagub-cawagub sebagaimana sudah diubah oleh Mahkamah Agung (MA) menjadi minimal 30 tahun saat dilantik.

PAN, kata dia, juga membuka komunikasi dengan dengan tokoh Jateng lain seperti Mantan Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin.

“Betul, Gus Yasin juga sudah komunikasi langsung dengan ketum, sudah pernah ketemu. Intinya dalam proses menuju finalisasi, biasa dan banyak nama, banyak diskusi, banyak pertimbangan. Toh pada akhirnya akan mengerucut siapa cagub dan siapa wagubnya,” ujar Yandri.