Kunjungan Imam Besar Mesir dan Paus Fransiskus Mendatangkan Berkah bagi Indonesia Menurut PBNU

by -44 Views

Rabu, 10 Juli 2024 – 16:54 WIB

Jakarta – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Ulil Abshar Abdalla, menyatakan bahwa Indonesia mendapat berkah, karena pemimpin agama besar, Grand Syekh atau Imam Besar Al Azhar Mesir Ahmed Al Tayeb, mengunjungi Indonesia hari ini, 10 Juli 2024.

Baca Juga :

Menag Yaqut Ucapkan Salam 6 Agama di Depan Imam Besar Al Azhar Mesir

Tidak hanya itu, berkah tersebut juga akan terus berlanjut pada bulan September mendatang, di mana Pemimpin Umat Katolik, Paus Fransiskus, juga akan berkunjung ke Indonesia.

“Ini adalah peristiwa keagamaan yang menurut saya sangat besar. Karena bulan Juli ini kita dikunjungi oleh Grand Syekh Al Azhar, yang memiliki posisi tinggi di Mesir, setara dengan Perdana Menteri,” kata Ulil kepada awak media, setelah acara ‘Interfaith and Intercivilizational Reception’ di Hotel Pullman, Jakarta.

Baca Juga :

Momen Gus Yahya dan Sejumlah Tokoh Agama Sambut Hangat Kedatangan Grand Syekh Al Azhar

Ketua PBNU KH Ulil Abshar Abdalla

“Kemudian, bulan September nanti kita akan menyambut kedatangan Sri Paus Fransiskus. Jadi dalam waktu tiga bulan, bangsa Indonesia akan menyambut tokoh agama penting,” lanjutnya.

Baca Juga :

Menlu Retno Soroti Pentingnya Sikap Saling Menghormati dalam Keberagaman Agama

Ulil kemudian menjelaskan bahwa kedatangan dua tokoh agama penting ini merupakan berkah sekaligus memberikan pembelajaran bagi masyarakat untuk saling menghormati antar umat beragama di Indonesia.

“Menurut saya, ini adalah sebuah berkat dan sekaligus sebuah pembelajaran bagi masyarakat Indonesia agar saling menghormati antar umat beragama, bahwa perbedaan tidak selalu harus menimbulkan kerusuhan, kebencian, dan sebagainya. Kita seharusnya membangun persaudaraan.”

Sebelumnya, Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, juga menyambut Grand Syekh atau Imam Besar Al Azhar Mesir Ahmed Al Tayeb, dan mengucapkan salam enam agama di depan Imam Besar Mesir.

“Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat pagi, Shalom, Om Swastiastu, Namo Budaya, Salam Kebajikan, Wei De Dong Tian,” kata Yaqut.

“Saya mengucapkan enam salam ini karena Indonesia memiliki enam agama besar dan ini adalah cara kami untuk menjaga kerukunan dan harmoni antarsesama,” tambahnya.

Menag Yaqut (Doc: Natania)

Foto: < /span>
  • VIVA.co.id / Natania Longdong

Dalam kesempatan yang sama, Yaqut juga menyapa Ahmed Al Tayeb dan tokoh-tokoh agama serta pengurus PBNU yang hadir dalam acara tersebut.

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya, Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, juga menyambut Grand Syekh atau Imam Besar Al Azhar Mesir Ahmed Al Tayeb, dan mengucapkan salam enam agama di depan Imam Besar Mesir.