Basoka Lawiya Ditembak di Nabire Papua Tengah: Sebuah Pembukaan terhadap Catatan Kriminalnya

by -40 Views

Senin, 8 Juli 2024 – 08:13 WIB

Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 berhasil menangkap satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atas nama Basoka Lawiya yang merupakan bagian dari Kelompok Kriminal Bersenjata Kodap VIII Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya di Kampung Topo, Distrik Uwapa, Kabupaten Nabire, Papua Tengah pada Minggu, 7 Juli 2024, pukul 17:55 WIT.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol. Dr. Faizal Ramadhani, mengatakan bahwa KKB Basoka Lawiya ditangkap di Kampung Topo, Distrik Uwapa Kabupaten Nabire, Papua Tengah saat aparat gabungan Satgas Ops Damai Cartenz-2024, Polres Nabire, dan Polsek Topo melakukan razia.

“Kami melakukan razia dan berhasil mengamankan satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atas nama Basoka Lawiya. Ia merupakan anggota KKB Kodap VIII Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya dan terlibat dalam beberapa aksi kriminal di Kabupaten Intan Jaya dan Kabupaten Paniai,” ujar Brigjen Pol. Dr. Faizal Ramadhani.

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombespol. Dr. Bayu Suseno, mengatakan bahwa KKB Basoka Lawiya terpantau oleh Satgas Ops Damai Cartenz-2024 sedang melintas di sekitar Kampung Topo, Distrik Uwapa, Kabupaten Nabire, Papua Tengah pada hari Minggu, 7 Juli 2024, pukul 17:55 WIT ketika aparat keamanan sedang melakukan razia di depan Polsek Topo.

Bayu mengonfirmasi bahwa KKB Basoka Lawiya langsung dikejar dan ditangkap saat melintas saat razia dilakukan. Namun, ia melakukan perlawanan sehingga petugas terpaksa melakukan tindakan tegas.

Kombespol. Dr. Bayu Suseno menambahkan bahwa KKB Basoka Lawiya sudah aktif terlibat dalam beberapa aksi kriminal di Kabupaten Intan Jaya dan Kabupaten Paniai, antara lain pembakaran rumah Dinas ASN, penangkapan dan pengeledahan Kepala Kampung, penembakan dan pembakaran di Jalan Raya Madi, serta pembunuhan warga sipil.

Akibat perlawanan yang dilakukan saat penangkapan, KKB Basoka Lawiya dilumpuhkan oleh aparat. Saat ini, jenazahnya masih berada di RSUD Nabire dan akan diserahkan kepada keluarganya setelah proses identifikasi selesai.

Kombespol. Dr. Bayu Suseno menegaskan bahwa Satgas Ops Damai Cartenz-2024 akan terus melakukan penindakan terhadap Kelompok KKB yang mengganggu stabilitas keamanan di Papua dan melindungi masyarakat dari ancaman yang ditimbulkan oleh kelompok KKB tersebut.