Tanpa Koordinasi dengan Gerindra Kuningan, dr Deni Daftar Bacabup ke DPD Jabar Secara Tiba-Tiba

by -109 Views

dr Deni ESiwinduMedia.com – Beredar foto dr Deni Wirananggapathi mendaftarkan diri sebagai Bakal Cabup Kuningan ke DPD Partai Gerindra Provinsi Jawa Barat. DPC Partai Gerindra Kuningan pun bereaksi, lantaran tidak ada koordinasi.

Reaksi pihak DPC Partai Gerindra Kuningan tersebut disampaikan kepada para wartawan saat menggelar konferensi pers di Sekretariat DPC Partai Gerindra Kuningan, Jalan Siliwangi – Cigintung, Kuningan, Rabu (3/7/2024).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Daerah (Bappda) DPC Partai Gerindra Kuningan Toto Tohari, dengan tegas menyampaikan DPC Gerindra Kuningan awalnya tidak mengetahui jika dr Deni mendaftar ke DPD Partai Gerindra Jabar untuk Bakal Cabup Kuningan 2024-2029. Mengingat sama sekali tidak ada koordinasi sebagaimana etika politik yang seharusnya dipakai.

Toto menyampaikan terima kasih bilamana ada tokoh eksternal yang mendaftar Bakal Cabup / Cawabup ke Partai Gerindra, namun semuanya jelas harus menempuh proses. Sehingga kalau menurut aturan harusnya berkoordinasi dulu dengan DPC, tidak langsung menerobos ke DPR Provinsi maupun ke DPP.

“Kan harusnya ke DPC dulu. Dr Deni daftar ke DPD, saya juga belum tahu persis benar enggaknya. Laporan juga kan belum ada bahwa ada yang mendaftar ke DPD atau bagaimana. Terkait rumor itu bagi kami sah-sah saja, toh keputusan pada akhirnya ada di DPP,” kata Toto.

Toto kembali sangat menyayangkan dr Deni yang kabarnya nyelonong mendaftar ke DPD Jabar. Padahal seharusnya DPC Gerindra Kuningan tidak begitu saja dilewati, yang bersangkutan harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan pengurus partai di daerah, dimana yang bersangkutan akan mencalonkan diri sebagai pemimpin daerah setempat.

“Harusnya datang dulu ke DPC, minta izin atau bagaimana, kulon nuwun lah. Bagi kami berterima kasih orang melirik Gerindra, berarti Partai Gerindra diperhitungkan. Mudah-mudahan Partai Gerindra jadi penentu kemenangan, kan begitu ya, tidak terlepas Bupati atau Wakil Bupati,” ungkap Toto.

Ditanya bagaimana dengan status dr Deni sebagai ASN?, Toto mengaku belum mengetahui percis apakah yang bersangkutan sudah mengajukan CTLN atau bahkan sudah mengundur diri dari ASN atau belum. Ia pun kembali menegaskan tidak mengetahui tentang sosok dr Deni, mengingat baik yang bersangkutan ataupun timnya sama sekali tidak ada yang memberitahu kepada pihak DPC.

“Kami juga butuh penjelasan, apalagi dia (dr Deni, red) ASN katanya. Sampai sekarang kami tidak tahu,” ujarnya.

Ditanya bagaimana sikap DPC Partai Gerindra Kuningan dengan munculnya kabar ada dr Deni yang nyelonong ke DPD untuk mendaftar Calon Bupati, Toto yang merupakan mantan politisi PDI Perjuangan ini menegaskan bahwa DPC Gerindra Kabupaten Kuningan beserta seluruh struktur kepengurusan PAC hingga ranting, mendukung kader internal yang tak lain Ketua DPC Gerindra Kuningan H Dede Ismail SIP sebagai Calon Bupati Kuningan.

“Ya kalau DPC mah tetap hanya ada seorang, hanya Pak H Dede Ismail saja. Kalau ranah DPD dan DPP, saya tidak mau komentar ya. Tapi kalau DPP menghitung siapa yang akan direkomendasi, ya saya sebagai Bappda akan patuh dan taat kepada DPP,” tegas Toto.

Toto menyebut memang sejak awal ada instruksi dari DPP bahwa di Partai Gerindra tidak dibuka pendaftaran Bakal Cabup-Cawabup, termasuk di DPC Gerindra Kuningan. Namun sebaliknya, jika ada yang mendaftar tidak boleh ditolak.

Terkait kabar adanya pendaftar lain ke DPD atau DPP selain dr Deni, seperti H Kamdan dan Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar, Toto kembali menegaskan pihaknya sama sekali tidak menerima kabar tersebut.

“Saya selaku Bappda menyampaikan ini sesuai fakta yang ada. Silahkan diartikan saja (dr Deni) seperti apa. Karena struktur partai kalau tidak kenal ya mau bagaimana. Jadi, kami tegas hanya Pak Dede Ismail yang menyatakan siap maju dan hanya dia yang mendaftar dan sudah mengikuti fit and proper test,” pungkas Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kuningan itu.

Sebelumnya, beredar kabar dr Deni juga mendaftar ke Partai Golkar, hanya saja tidak melalui DPD Kuningan. dr Deni langsung mendaftar ke DPD Partai Golkar Jabar. Sontak saja hal itu juga mendapat reaksi dari Ketua DPD Partai Golkar Kuningan H Asep Setia Mulyana, bahwa Golkar hanya akan mencalonkan Dr Dian Rachmat Yanuar untuk Calon Bupati Kuningan.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada tanggapan dari dr Deni dalam menanggapi persoalan tersebut. Hanya saja kabarnya dr Deni juga akan mendaftar langsung ke beberapa partai lainnya melalui pengurus Provinsi untuk pencalon Bupati Kuningan.