Pernyataan Polri Mengenai Kabar Kapolda Jateng Zulhas Bakal Jadi Irjen Kemendag

by -87 Views

Minggu, 8 Juni 2024 – 18:42 WIB

Jakarta – Polri memberikan keterangan mengenai Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Ahmad Luthfi yang disebut akan menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.

Hal tersebut telah dikonfirmasi kebenarannya oleh Asisten SDM Kapolri, Irjen Dedi Prasetyo. Namun, Kapolda Jateng saat ini masih menunggu proses tes potensi akademik (TPA) dan Keputusan Presiden (Keppres).

“Ya karena itu jabatan eselon 1 maka menunggu TPA dan Keppres dulu,” kata Dedi saat dikonfirmasi, Minggu, 8 Juni 2024.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebelumnya menyatakan bahwa Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi sedang dalam proses untuk menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Hal tersebut diungkapkan Zulkifli Hasan setelah pembukaan Rakorwil PAN Jawa Tengah di Semarang, ketika ditanya oleh wartawan tentang kemungkinan jenderal bintang dua tersebut harus pensiun dini jika diusung oleh partai ini sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah.

“Sedang dalam proses untuk Irjen Kemendag, hampir selesai,” kata Menteri Perdagangan itu, Minggu, 8 Juni 2024.

Dalam rakorwil tersebut, Zulkifli Hasan meminta PAN Jawa Tengah untuk mengusung Irjen Pol. Ahmad Luthfi sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Jawa Tengah 2024. “Saya minta Jawa Tengah, Pak Luthfi nanti dibawa ke rakorwil,” kata Zulkifli.

Menurutnya, PAN siap untuk mengusung, mendukung, dan memenangkan Irjen Pol. Ahmad Luthfi sebagai Gubernur Jawa Tengah periode 2024—2029.

Alasan pemilihan Ahmad Luthfi sebagai bakal calon gubernur, menurutnya, karena Kapolda Jawa Tengah tersebut merupakan sosok pemimpin yang sukses.