Pemeriksaan KNKT Dilakukan untuk Menyelidiki Penyebab Jatuhnya Pesawat Latih di BSD

by -62 Views

Minggu, 19 Mei 2024 – 21:31 WIB

Jakarta – Sebuah pesawat latih jatuh di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu, 19 Mei 2024. Pesawat tersebut adalah tipe Tecnam P2006T.

“Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah menerima laporan tentang Pesawat tipe Tecnam P2006T dengan nomor registrasi PK-IFP milik Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia),” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangannya, Minggu.

Adita mengatakan, pesawat tersebut berangkat dari Bandara Tanjung Lesung, Banten, menuju Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Pesawat tersebut membawa tiga orang awak, satu pilot, satu co-pilot, dan satu teknisi.

“Mengenai penyebab jatuhnya pesawat akan diselidiki oleh pihak KNKT sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Sebuah pesawat dilaporkan jatuh di lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai (BSD), Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu siang, 19 Mei 2024. Di ekor pesawat terdapat kode PK-IFP.

Badan pesawat yang jatuh, seperti terlihat dalam video yang beredar di media sosial, hancur berkeping-keping di tepi lapangan. Juga terlihat ada seorang yang tergeletak di dekat sisa puing-puing pesawat. Belum diketahui apakah korban tersebut selamat atau telah meninggal.

Terlihat juga warga berkerumun melihat pesawat yang sudah hancur tersebut. Namun, penyebab pasti jatuhnya pesawat ini belum diketahui.

Ade menyebut ada tiga korban meninggal dunia akibat kejadian ini. Ketiga korban tersebut kemudian dibawa ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta, untuk penanganan lebih lanjut.