Delegasi World Water Forum Ke-10 Tiba di Bali, Imigrasi Lakukan Pemisahan Jalur

by -105 Views

Sabtu, 18 Mei 2024 – 01:20 WIB

Bali – Delegasi World Water Forum (WWF) ke-10 mulai tiba melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali sejak 15 Mei 2024. Delegasi diperkirakan akan terus tiba menjelang pelaksanaan World Water Forum pada 18 Mei 2024.

Untuk menjaga kelancaran kedatangan para delegasi bersama penumpang reguler di pintu masuk imigrasi, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali melakukan pemisahan jalur, tanpa melupakan penumpang reguler yang juga banyak jumlahnya.

“Kami telah menyiapkan tiga konter pemeriksaan imigrasi,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali, Pramella Yunidar Pasaribu di Denpasar pada Jumat, 17 Mei 2024.

Adapun tiga konter imigrasi tersebut diisi total oleh 12 orang petugas, dengan masing-masing konter diisi oleh tiga petugas imigrasi.

“Untuk pemeriksaan imigrasi terhadap delegasi, terdapat beberapa mekanisme, yaitu untuk setingkat kepala negara (VVIP) dilakukan di Gedung VVIP. Sementara untuk setingkat menteri (VIP) dilakukan di Gedung VIP, dan delegasi lainnya dilakukan di terminal kedatangan internasional,” kata Pramella.

Imigrasi Ngurah Rai juga telah memasang papan petunjuk di beberapa titik strategis untuk memudahkan delegasi dalam proses menuju ke konter pemeriksaan.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku Panitia Nasional World Water Forum ke-10 mengatakan sebanyak tujuh kepala negara dijadwalkan hadir di Bali yaitu Timor Leste, Fiji, Tajikistan, Srilanka, Hungaria, Maroko, dan Indonesia selaku tuan rumah. Sementara satu kepala negara lainnya masih menunggu konfirmasi kehadiran.

Selain itu, ada tiga deputi perdana menteri yaitu Malaysia, Papua Nugini, Slokavia, dan tiga utusan khusus presiden dari Belanda, Perancis, dan Uni Emirat Arab. Sebanyak 105 menteri juga dijadwalkan hadir dalam World Water Forum tersebut dari 132 negara dan organisasi internasional.