Setelah Dirayakan Sebagai Calon Gubernur Jakarta

by -60 Views

Senin, 13 Mei 2024 – 14:17 WIB

Jakarta – Penjabat Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono, memberikan jawaban yang puitis saat ditanya tentang calon gubernur atau cagub Jakarta. Nama Heru masuk dalam survei sebagai salah satu calon potensial yang akan diusung dalam Pilkada 2024.

Baca Juga:

Partai Buruh Sebut Aturan Hanya Parpol Pemilik Kursi DPRD Berhak Usung Paslon di Pilkada Tak Adil

“Gini, hari esok itu penuh misteri. Biarlah alam semesta yang menjawab,” kata Heru Budi kepada wartawan, di kawasan Rorotan, Jakarta Utara pada Senin, 13 Mei 2024.

Nama Heru Budi dalam bursa Cagub Jakarta menempati posisi ketiga berdasarkan temuan Lembaga Arus Survei Indonesia jelang Pilgub Jakarta 2024.

Baca Juga:

2 Pasangan Calon Independen Daftar ke KPU untuk Pilwalkot Malang

Survei tersebut dilakukan dengan cara tatap muka menggunakan kuesioner dan enumerator. Penarikan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling dengan jumlah sampel 400 responden, margin of error (MoE) adalah +/- 4,9 persen. Pengambilan data survei dilakukan pada 23-29 April 2024.

Direktur Eksekutif ASI, Ali Rif’an, menjelaskan bahwa Anies Baswedan menempati posisi pertama, sedangkan posisi kedua ada nama Ridwan Kamil.

Baca Juga:

Aceng Fikri Maju Lagi di Pilkada Garut, Lewat Jalur Independen

Top of Mind Kandidat Gubernur DKI Jakarta 2024:
Anies Baswedan 19,8 %
Ridwan Kamil 15,8 %
Heru Budi Hartono 7,8 %
Basuki Tjaja Purnama (Ahok) 5,8 %
Ahmad Sahroni 3,5 %
Tri Rismaharini 1,8 %
Kaesang Pangarep 1,6 %
Ahmad Riza Patria 0,8 %
Bima Arya 0,5 %
Mardani Ali Sera 0,5 %
Tidak tahu/tidak jawab 42,9 %

Tak hanya itu, kinerja Heru Budi juga diapresiasi karena meraih angka kepuasan publik hingga 60 persen lebih. Ketua Umum Rumah Aktivis Institute (RAI), Andri Nurkamal menilai bahwa tingkat kepuasan publik tersebut akan terus meningkat karena Heru terus menggencarkan program pelayanan yang efektif, efisien, dan tepat sasaran.

Menurutnya, pengalaman Heru sebagai Penjabat Gubernur cukup menjadi dasar untuk terus memimpin Jakarta lima tahun ke depan guna menyukseskan pembangunan berkelanjutan.

“Kepuasan publik bagus. Itu baru Penjabat Gubernur, punya modal mumpuni, punya prestasi untuk menjadi Gubernur definitif. Setidaknya lima tahun ke depan proses pembangunan DKI dan Kota Global harus berlanjutan. Mas Heru ibaratnya sudah melakukan groundbreaking, tinggal seterusnya pembangunan itu dilanjutkan, tentu idealnya dia harus terpilih lagi,” ujar Andri di Jakarta, Minggu, 10 Mei 2024.

Andri menuturkan bahwa dari sisi lingkungan, Heru memiliki political will untuk mewujudkan iklim lingkungan yang sehat, bersih, produktif, dan hijau. Menurutnya, keseriusan Heru dalam merawat lingkungan dibuktikan dengan pemanfaatan ruang terbuka sebagai lahan tanam produktif yang melibatkan perangkat pemerintahan serta warga setempat.

“Sebagai wujud keberhasilan dalam mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan, DKI juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian LHK, seluruh kota dan kabupaten mendapat Adipura. Jakpus, Jakut, Jaktim, Jakbar, Pulau Seribu mendapat Adipura, Jaksel juga. Tidak main-main,” sebutnya.

Pemprov DKI Jakarta di bawah komando Heru Budi juga meraih penghargaan dari Kemendagri atas komitmen Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bidang infrastruktur dalam pembangunan sarana serta prasarana.

Penghargaan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Terbaik Tingkat Provinsi di Regional Jawa-Bali, penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Berkinerja Terbaik Jawa-Bali, hingga Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023.

“Mungkin sebagian kecil orang banyak yang mencibir, nyinyir bahkan mengecilkan Heru. Tapi itu biasa namanya dinamika berpemerintahan. Tapi bukti riil tidak bisa dibantah, bahwa bagi dia tidak perlu banyak bicara yang penting kerja nyata. Dan sosok seperti ini yang diperlukan untuk memimpin Jakarta ke depan,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Tak hanya itu, kinerja Heru Budi juga diapresiasi karena meraih angka kepuasan publik hingga 60 persen lebih. Ketua Umum Rumah Aktivis Institute (RAI), Andri Nurkamal menilai bahwa tingkat kepuasan publik tersebut akan terus meningkat karena Heru terus menggencarkan program pelayanan yang efektif, efisien, dan tepat sasaran.