TNI Satgas Memukul Mundur Gerombolan OPM di Distrik Homeyo dalam Waktu Singkat

by -80 Views

Sabtu, 11 Mei 2024 – 18:31 WIB

Pogapa – Organisasi Papua Merdeka (OPM) kelompok Afrianus Bagubau dan Keny Tipagau kembali berupaya menyerang aparat keamanan gabungan TNI-Polri yang mengamankan Distrik Homeyo. Usaha penyerangan dilakukan OPM pada hari Sabtu 11 Mei 2024 sekitar pukul 04.30 WIT dini hari, di sekitar Area Ujung Timur Bandara Pogapa.

Anggota TNI-Polri yang berjaga-jaga di wilayah Distrik Homeyo, terus melancarkan langkah-langkah proaktif mengamankan wilayah setempat dari gangguan OPM. Salah satu diantaranya melalui patroli di setiap jengkal tanah Homeyo.

Panglima Kogabwilhan III, Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon menjelaskan, kegiatan patroli yang secara aktif dilakukan oleh aparat keamanan gabungan, mendatangkan keberhasilan pada hari Sabtu dini hari tadi.

“Kami melibatkan satuan jajaran Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) Habema dan Satgas Nanggala Kopassus. Sebelum kontak berlangsung, pasukan gabungan yang berada di Area Ujung Timur Bandara Pogapa tengah melakukan pengecekan wilayah,” ujar Letjen TNI Richard, Sabtu, 11 Mei 2024

Menurut Richard, saat aparat menjalankan patroli, menemukan indikasi keberadaan OPM di sekitar daerah patroli dan melakukan pengejaran yang diikuti dengan kontak tembak.

“Saat pengejaran, ditemukan hasil berupa senjata anak panah dan busur, senter, beberapa foto OPM, tempat perlindungan tidak permanen yang dibangun OPM beserta Pos Tinjau OPM yang digunakan untuk mengintai kondisi wilayah Homeyo dan sekitarnya,” ujarnya

Letjen Richard menjelaskan, patroli di Distrik Homeyo merupakan langkah proaktif TNI-Polri untuk mewujudkan situasi keamanan wilayah yang kondusif guna mendukung semua proses percepatan pembangunan Papua.

Patroli yang dilakukan aparat TNI-Polri pasca beberapa kali melancarkan aksi serangan di wilayah Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya.

Sebelumnya, kontak tembak dengan KKB atau OPM di kampung Pogapa, Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Jumat, 10 Mei 2024. Kontak tembak dengan KKB itu terjadi setelah pihaknya mendapat informasi bila kelompok bersenjata itu akan menyerang Polsek dan Koramil di Homeyo.

“Dari informasi itulah kemudian dilakukan pemantauan yang dilakukan Satgas Nanggala dan Satgas Belukar Operasi Damai Cartenz hingga nampak beberapa orang terduga anggota KKB sedang bersiap-siap menyerang ke Polsek dan Koramil Homeyo,” kata Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Dijelaskan, dalam kontak tembak itu tidak ada anggota yang terluka, termasuk warga sipil.

“Saat ini, seluruh aparat keamanan masih berada dalam siaga satu dan terus memantau pergerakan KKB,” kata Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno.