PDI-P Jabar Memanggil Rana, Seorang Pengamat Menilai Kader Murni yang Pantas Menjadi Bupati

by -68 Views

SiwinduMedia.com – Politisi senior PDI Perjuangan dan juga anggota DPRD Kuningan dari Dapil 5, Rana Suparman SSos, secara mengejutkan dipanggil untuk mengikuti Fit and Propertest Calon Kepala Daerah oleh DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat.

Surat undangan untuk para bakal kandidat Bupati/Wakil Bupati Kuningan dari DPD PDI Perjuangan tersebut, tersebar luas di kalangan politisi. Dalam daftar nama, terdapat 5 kader PDI Perjuangan Kuningan di antaranya adalah nama Rana. 4 lainnya adalah Ketua Muslimat NU Hj Tuti Rusliawati, mantan Wabup HM Ridho Suganda SH MSi, H Karyani ST, dan Lena Herlina SE MAP.

Tidak ada nama Ketua DPC PDI-P H Acep Purnama SH MH dalam panggilan tersebut, mengingat mantan Bupati Kuningan tersebut saat ini masih menjalani perawatan intensif karena sakit di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Acep sebelumnya mendaftar sebagai Bakal Cabup/Cawabup ke Desk Pilkada DPC PDI-P, sementara Rana saat itu tidak mendaftar, namun hanya mendampingi Acep.

Setelah pertemuan PDI-P dan Partai Gerindra, Senin sore (6/5/2024), Rana mengungkapkan bahwa ia belum mengisi formulir pendaftaran Cabup/Cawabup Kuningan ke DPD PDI-P Jabar. Namun, ia telah menerima undangan untuk mengikuti Fit and Propert Test di DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Rabu mendatang (8/5/2024).

Rana menyatakan bahwa sebagai kader Partai, ia akan mematuhi panggilan tersebut dan menghadiri agenda tersebut. Baginya, undangan tersebut merupakan penghargaan dari DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat yang saat ini dipimpin oleh Ono Surono.

Jika DPP PDI-P merekomendasikan Rana sebagai Calon Bupati Kuningan, ia siap berjuang untuk meraih kemenangan. Rana menegaskan bahwa siapapun yang mendapat rekomendasi dari PDI-P harus berjuang untuk menang.

Pengamat politik, Sujarwo BA alias Mang Ewo, mengatakan bahwa kemunculan nama Rana Suparman dalam undangan Fit and Propertest Balon Bupati Kuningan merupakan kejutan bagi masyarakat Kabupaten Kuningan. Menurut Mang Ewo, peluang Rana Suparman untuk mendapat rekomendasi sebagai Calon Bupati tidak bisa dipandang sebelah mata mengingat pengalamannya sebagai Anggota Legislatif yang berpengalaman dan keterlibatannya dalam struktur kepengurusan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kuningan.