Ditjen Imigrasi Siap Mempermudah Visa dan Menyiapkan Jalur Khusus untuk World Water Forum

by -51 Views

Senin, 29 April 2024 – 11:39 WIB

Jakarta – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memudahkan penerbitan visa hingga menyiapkan jalur khusus untuk kedatangan delegasi World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

“Berkaitan dengan imigrasi, kami membantu dalam penerbitan visa dan menyediakan jalur khusus untuk kedatangan,” kata Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim seperti dikutip dari Antara, Senin, 29 April 2024.

Silmy mengatakan langkah tersebut diambil karena WWF merupakan acara besar yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Selain itu, Ditjen Imigrasi juga bertanggung jawab atas registrasi, situs web, dan sistem informasi pada WWF tahun ini, sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2024.

“Kami memudahkan bagi yang sudah memiliki visa sebelumnya, seperti visa bisnis kunjungan beberapa kali (multientry) atau visa tugas pemerintahan, atau visa on arrival bagi yang belum memiliki visa,” jelas Silmy.

Sementara itu, untuk jalur khusus, Silmy menyebut bahwa Ditjen Imigrasi telah menyiapkannya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kuta, Bali, untuk menyambut delegasi dari berbagai negara.

Lebih lanjut, Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Suhendra menjelaskan bahwa Imigrasi Ngurah Rai sudah memisahkan jalur kedatangan antara delegasi dan penumpang reguler di area imigrasi.

“Sudah kami siapkan tiga konter khusus untuk delegasi dengan total 12 petugas. Untuk penumpang reguler, kami telah siapkan 30 unit autogate dan 10 konter pemeriksaan dengan 40 petugas,” ujar Suhendra saat dikonfirmasi dari Jakarta, Senin.

Selain itu, Imigrasi Ngurah Rai juga telah melakukan penataan petugas untuk mekanisme pemeriksaan.

Pemeriksaan untuk kepala negara dilakukan di gedung VVIP, untuk menteri di gedung VIP, dan untuk delegasi lainnya dilakukan di terminal kedatangan internasional.

“Kami merasa sudah siap dalam menyambut kedatangan delegasi WWF dan kami akan terus memantau perkembangan situasi di lapangan,” ungkap Suhendra.

WWF merupakan pertemuan internasional yang diselenggarakan bersama oleh World Water Council dan tuan rumah setiap tiga tahun sekali. WWF ke-10 akan digelar di Bali pada 18-25 Mei 2024 dengan tema Water for Shared Prosperity (Air untuk Kesejahteraan Bersama). (ANT)