Prabowo Subianto Terima Menlu Tiongkok, Diberi Selamat sebagai Presiden Terpilih dengan Suara Terbanyak Sepanjang Sejarah

by -75 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan dan presiden terpilih, Prabowo Subianto, menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, pada Kamis (18/4).

Wang Yi beserta rombongan tiba sekitar pukul 10.58 WIB dan disambut oleh Prabowo di depan Gedung Kemhan. Keduanya saling menyapa dan masuk ke dalam ruangan.

“Ini adalah kehormatan besar bagi saya untuk menerima beliau. Saya sangat berterima kasih atas sambutan yang begitu baik, saya juga diterima dengan baik di Beijing beberapa minggu yang lalu,” ujar Prabowo.

Sebelum bertemu dengan Wang Yi di Jakarta, Prabowo juga bertemu dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping; Perdana Menteri Tiongkok, Li Qiang; dan Menteri Pertahanan Tiongkok, China Dong Jun, dalam kunjungan kehormatan di Beijing pada awal April 2024.

Pertemuan antara Prabowo dan Wang Yi berlangsung tertutup, mereka membahas kerja sama dalam bidang pertahanan yang mencakup pendidikan, latihan bersama, dan industri pertahanan.

Indonesia dan Tiongkok merupakan mitra dekat yang memiliki banyak kerja sama bilateral, terutama dalam bidang pertahanan yang telah terjalin sejak tahun 1970an. Kerja sama pendidikan antara kedua negara masih berlanjut hingga saat ini, dimana sejumlah personel pertahanan Indonesia sedang menjalani pendidikan di Tiongkok dan sebaliknya.

Wang Yi menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Prabowo. Selain membicarakan hubungan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok, Wang Yi juga mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo dalam Pilpres 2024.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Yang Mulia atas terpilihnya sebagai presiden Republik Indonesia dengan suara terbanyak dalam sejarah pemilu Indonesia,” kata Wang Yi.

Menlu Tiongkok menyatakan keyakinannya bahwa Indonesia akan maju di bawah kepemimpinan Prabowo dalam membangun negara yang lebih baik.

“Walaupun membangun negara besar adalah tugas yang berat, saya yakin Yang Mulia akan mampu memimpin Indonesia menuju kemajuan dan kebangkitan bangsa, serta membawa negara ini pada masa depan yang lebih gemilang di bawah kepemimpinannya,” ujar Wang Yi.

Source link