Klaim Israel Tentang Iran Dikritik Sebagai Tidak Masuk Akal, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Menjadi Amicus Curiae

by -44 Views

Jumat, 19 April 2024 – 06:00 WIB

Jakarta – Seorang pakar militer mencela laporan Israel yang mengaku berhasil menangkis atau mencegat 99 persen serangan pesawat nirawak (drone) dan rudal jelajah Iran selama Operasi Janji Sejati Iran.

Baca Juga :

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Angka keberhasilan yang dipublikasikan militer Israel itu, menurut sang pakar, tak sebanding dengan jumlah intersepsi drone dan rudal Iran. Artinya, menurut dia, klaim Israel sesungguhnya laporan palsu yang menimbulkan rasa puas diri baik di kalangan warga negara maupun di kalangan militer.

Iran memilih untuk menargetkan situs militer Israel sebagai gantinya. Setelah operasi Iran, Tel Aviv mengakui bahwa pangkalan udara Nevatim di Israel selatan rusak akibat serangan tersebut. Iran menuding pangkalan Nevatim adalah tempat jet Israel lepas landas untuk menyerang Kedutaan Besar Iran di Damaskus.

Baca Juga :

Helikopter Militer Kenya Jatuh, Jenderal Ogolla Menjadi Korban

Gedung konsulat Iran di Damaskus, Suriah, hancur diserang Israel pada 1 April 2024.

Gedung konsulat Iran di Damaskus, Suriah, hancur diserang Israel pada 1 April 2024.

Analisis tentang klaim keberhasilan Israel menangkis serangan Iran tersebut merupakan salah satu artikel terpopuler di VIVA sepanjang hari kemarin. Publik masih menyoroti ketegangan antara Iran dengan Israel yang kembali memanaskan situasi di kawasan Timur Tengah.

Baca Juga :

Meski Dilarang AS dan Barat, Israel ‘Keukeuh’ Akan Tetap Kembali Serang Iran

Ada empat artikel terpopuler lainnya yang telah dikompilasi oleh tim redaksi VIVA, di antaranya tentang beberapa jenderal polisi dengan nama populer berasal dari Jawa Tengah, perempuan di Sulawesi Tenggara menyewa pembunuh bayaran untuk membunuh ibu mertuanya setelah upaya santetnya gagal, Menteri Luar Negeri Inggris menyebut Israel bersiap menyerang Iran, dan puluhan ribu pendukung Prabowo bersiap mengajukan diri menjadi amicus curiae di Mahkamah Konstitusi.

Simak ulasan selengkapnya dalam artikel-artikel berikut ini:

1. Jenderal polisi berasal dari Jawa Tengah

Beberapa Jenderal Polisi berpangkat bintang 4 memiliki latar belakang dari Jawa Tengah. Salah satunya telah meraih gelar Adhi Makayasa. Pangkat Jenderal Polisi setara dengan pangkat Jenderal dalam militer Indonesia. Sejarah mencatat banyak perwira Polri yang berhasil mencapai pangkat bintang 4. Di antara mereka, beberapa berasal dari Jawa Tengah. Berikut adalah enam Jenderal Polisi bintang 4 yang lahir di daerah tersebut. Baca selengkapnya di sini.

2. Pakar militer sebut Israel halu soal serangan Iran

Militer Israel menunjukkan salah satu bangkai rudal balistik Iran Emad

Militer Israel menunjukkan salah satu bangkai rudal balistik Iran Emad

Pakar militer Israel, Or Fialkov, pada Rabu setempat mengatakan bahwa bahwa pihak berwenang Tel Aviv memberikan informasi palsu tentang drone dan rudal Iran, yang berhasil mereka lumpuhkan selama operasi Teheran melawan Israel pada akhir pekan lalu. Baca selengkapnya di sini.

3. Sewa pembunuh bayaran setelah santet gagal

Pelaku Novi yang tega membunuh ibu mertua di Kendari.

Pelaku Novi yang tega membunuh ibu mertua di Kendari.

Polisi berhasil mengungkap kasus kematian Mirna (51) di Kendari, Sulawesi Tenggara, yang ternyata bukan karena aksi begal tapi jadi korban pembunuhan berencana. Otak skenario pembunuhan terhadap Mirna adalah sang menantu sendiri bernama Novi Damayanti (21). Baca selengkapnya di sini.

4. Israel akan menyerang Iran

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)

Pihak Israel dikabarkan telah memutuskan bahwa mereka akan membalas serangan rudal dan pesawat tak berawak dari Iran, kata Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron saat berkunjung ke Israel pada hari Rabu lalu 17 April 2024. Kabinet perang Israel dilaporkan telah bertemu pada Selasa pagi untuk membahas opsi pembalasan setelah serangan Iran. Baca selengkapnya di sini.

5. Puluhan ribu pendukung Prabowo akan ajukan diri jadi amicus curiae

Pidato Prabowo-Gibran Mengawal Suara Rakyat

Pidato Prabowo-Gibran Mengawal Suara Rakyat

Tim Kampanye Nasional bidang relawan atau TKN Golf dari Prabowo-Gibran mengajak para pendukung dan pemilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming untuk menjadi amicus curiae atau sahabat pengadilan secara massal. Mengenai aksi damai dengan massa 100 ribu pendukung Prabowo-Gibran di depan gedung MK, sebagai respons berbagai tuduhan, penghinaan dan pelecehan kepada pemilih pasangan Prabowo-Gibran. Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya

1. Jenderal polisi berasal dari Jawa Tengah

Halaman Selanjutnya